Etika Komunikasi Radio

Ketika berkomunikasi melalui radio komunikasi atau rakom, sama juga seperti komunikasi berhadap-hadapan. Semua ada etikanya. Jangan menganggap karena gak berhadap-hadapan jadi bisa seenaknya aja. Komunikasi di radio juga selain mematuhi aturan juga tetap harus memakai etika komunikasi di radio.
Pasang radio komunikasi (rakom) di mobil sangat membantu sekali.
Pasang radio komunikasi (rakom) di mobil sangat membantu sekali.
Sebelum mulai komunikasi, pahami etika berkomunikasi sesuai aturan. Etika berkomunikasi di frekuensi direct berbeda dengan berkomunikasi di repeater.

Apabila berkomunikasi secara direct, biasanya ada net control atau pengendali. Ketika masuk ke suatu frekuensi, Anda wajib memperkenalkan diri dengan menyebutkan call sign (identitas anggota), dan mengucap salam kepada anggota yang sedang mengudara. Hal ini akan membuat Anda disambut dan dikenal di frekuensi yang baru dimasuki.

Sedangkan apabila berkomunikasi di repeater, biasanya tidak ada net control. Untuk berkomunikasi, bisa langsung memanggil lawan bicara pada spasi pembicaraan orang lain. Karena itu, ketika kita berkomunikasi, pastikan memberikan spasi pembicaraan yang cukup agar orang lain dapat memanggil station lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak mendominasi pembicaraan di repeater, selalu berikan kesempatan kepada orang lain untuk menggunakan repeater.

Demikian tips etika berkomunikasi di radio. Semoga tips ini membuat semakin asyik berkomunikasi etika.

Selamat berkomunikasi.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Etika Komunikasi Radio"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini