Kenapa (dulu) Daftar Kuliah ke IPB melalui PMDK ?

Kenapa memilih kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) ?. Itu memang pertanyaan besar buat semua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sebentar lagi mulai kuliah.
Kampus Fakultan Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB).
Kampus Fakultan Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB).
Institut Pertanian Bogor (IPB) dari mulai berdiri tahun 1963 memang selalu dikaitkan dengan PMDK. Hal itu karena memang sebagian besar mahasiswa IPB masuknya melaluis seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan alias PMDK. Tetapi sekarang PMDK sudah tidak ada lagi dan digantikan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Waktu itu memang sangat sedikit sekali informasi yang diketahui tentang IPB. Karena waktu itu tahun 1992 memang belum ada internet seperti sekarang ini. Informasi cuma didapat dari kakak kelas yang sudah kuliah terlebih dahulu ke IPB.

Selain dari kakak kelas, ternyata ada anak tetanga yang kuliah di IPB, jadi orang tuanya suka cerita tentang anaknya yang kuliah di IPB. Masuknya lewat jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). Kebetulan ternyata SMA-nya sama dengan saya, jadi-lah timbul harapan dan minat daftar PMDK ke IPB.

Kenapa harus PMDK ?. Kayaknya enak, soalnya gak udah ikut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) kala itu. UMPTN memang nampaknya seperti hantu di siang bolong, karena bersaing dengan ribuan lulusan SMA dari kota-kota besar yang fasilitas lengkap. Jadi gak terlalu pede ikut UMPTN karena dari daerah gitu deh.

Udah gitu, ada informasi kalo lulusan IPB itu kebanyakan kerja di bank. Jadi-lah punya cita-cita masuk IPB lewat PMDK biar bisa kerja di bank.

Masalah jurusan akhirnya ikut profesi Ayah aja yang kerja di Perum Perhutani, ya udah milihlah Fakultas Kehutanan (Fahutan) saja. Meskipun belum tahu jurusan apalagi kurikulum dan sebagainya di Fahutan.

Kembali ke PMDK. Ternyata dari jaman dulu saya masuk, PMDK itu sangat banyak sekali peminatnya, terutama dari daerah yang sedikit sekali yang lulus melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN).

PMDK ini sangat membantu calon mahasiswa dari daerah untuk dapat masuk ke IPB. Dan IPB juga cukup terbantu juga karena dapat menyaring calon mahasiswa potensial dari daerah.

Sejalan dengan waktu istilah PMDK akhirnya dihapuskan diganti dengan istilah seperti Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan sekarang menjadi SNMPTN.

Ketika kuliah di IPB pun istlilah PMDK banyak artinya, seperti Persatuan Mahasiswa Dua Koma dan Pendekatan Melulu Dapat Kagak. Nah, yang terakhir ini adalah plesetan aja sebagai obat stress dikala ujian dari Sabtu ke Sabtu dan sistem paket yang sangat menyiksa.

Nah, ternyata banyak juga ya arti PMDK dan itu juga kenapa dulu daftar kuliah ke IPB melalui PMDK hehehe ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa (dulu) Daftar Kuliah ke IPB melalui PMDK ?"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini