Kenapa Pohon Pelindung Jalan Bisa Tumbang ?

Ilustrasi pohon pelindung jalan.
Ilustrasi pohon pelindung jalan.

Ketika bulan tertentu, terkadang cuaca menjadi sangat buruk. Biasanya pada peralihan musim, bisa dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya dari musim hujan ke musim kemarau. Kondisi ini biasanya ditandai dengan cuaca buruk, misalnya hujan terus menerus atau angin kencang. Biasanya kondisi ini disebut musim pancaroba. Ketika angin kencang, sering kali terjadi pohon pelindung jalan tumbang. Sebenarnya kenapa pohon pelindung jalan bisa tumbang ?

Faktor cuaca atau umur adalah kendala dan tidak bisa diduga yang bisa menyebabkan pohon tumbang. Sehingga meskipun petugas sudah berupaya mengecek kondisi pohon di pinggir jalan tetap aja kejadian ada pohon yang tumbang. Meskipun demikian, menurut pengamatan saya, pada umumnya pohon tumbang itu diawali dengan kerusakan pohon itu. Nah, ketika ada tekanan cuaca sebagai pemicunya akan memudahkan pohon tumbang.

Selain itu, tekanan populasi terhadap pohon juga semakin berat. Saya merasa kecintaan masyarakat terhadap pohon masih sangat rendah. Misalnya, banyak yang masih melakukan tindakan-tindakan "bodoh" seperti :
  • memaku pohon; banyak sekali orang bodoh yang memaku baliho dan alat peraga pemilu di pohon, nah jangan pilih partai or caleg or capres or cagub or cabup or cawalkot yang berlaku bodoh seperti ini; banyak perusahaan yang berlaku tolol dengan memaku iklan di pohon juga.
  • melukai pohon; masih banyak warga masyarakat yang dengan tanpa perasaan melukai pohon dengan golok atau menyiram dengan air aki atau oli, nampaknya jelas tujuannya biar pohon itu mati secara bertahap.
  • membakar sampah; di samping itu, kebiasaan buruk sebagian masyarakat dalam memperlakukan sebuah pohon. Misalnya membakar sampah persis di samping batang sebuah pohon besar, supaya lebih mudah menyalakan apinya karena terlindung dari angin.
Pohon tumbang bisa membahayakan pengguna jalan.
Pohon tumbang bisa membahayakan pengguna jalan.

Hal-hal lain yang nampak seperti ketidaksengajaan "menyakiti" pohon yang masih sering terjadi, sehingga menimbulkan kecacatan pohon yang pada akhirnya mengurangi kekuatan pohon tersebut, seperti :

  • batang pohon tertabrak mobil sehingga batang cacat,
  • galian di sekitar area akar, bahkan memotong akarnya, biasanya pekerjaan galian kabel,
  • vandalisme (merusak) terhadap batang maupun dahan pohon,
  • pohon hidupnya mengalami stress, termasuk kebanyakan air waktu kebanjiran dan kekeringan pada waktu musim kering dan polusi udara,

Kecacatan yang ditimbulkan oleh hal-hal tersebut tentunya meninggalkan bekas luka dan sulit kembali normal. Pada akhirnya menimbulkan cacat permanen pohon, sehingga mudah tumbang.

Nampaknya perlu ada ahli untuk mengidentifikasi keadaan cacat pohon dan melakukan langkah penyelamatan pohon atau tindakan lainnya, sehingga dapat melindungi orang atau harta benda di sekitar pohon tersebut

Pohon pelindung yang nyaman, indah dan teduh.
Pohon pelindung yang nyaman, indah dan teduh.

loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Kenapa Pohon Pelindung Jalan Bisa Tumbang ?"

  1. sebagai pengguna jalan kita bukan cuma harus waspada dengan kecelakaan antar sesama pengguna jalan raya, namun juga harus waspada dengan kecelakaan akibat pohon tumbang ya Mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, harus waspada, liat gejala alam ...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini