Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Menikmati Indahnya Jalan Alternatif Tasikmalaya-Pangandaran via Cipatujah

Hujan terus menerus yang melanda Jawa Barat selama seminggu belakangan ini ternyata telah mengakibatkan banjir di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten PangandaranCuaca ekstrim ini sebelumnya memang sudah diprakirakan oleh BMKG, yang ternyata peringatannya diperpanjang sampai awal tahun. Banjir yang melanda Kabupaten Pangandaran dengan intensitas yang besar telah mengakibatkan jembatan Ciputrapinggan amblas. Amblasnya jembatan Ciputrapinggan mengakibatkan terputusnya transportasi darat Tasikmalaya-Pangandaran via Banjar-Kalipucang.
Pantai Pamayangsari-Cipatujah, pantai Selatan Tasikmalaya.
Pantai Pamayangsari-Cipatujah, pantai Selatan Tasikmalaya.
Pemerintah Kabupaten Pangandaran sedang berupaya untuk memperbaiki terputusnya transportasi ini. Pada hari Selasa (11/10/2016) telah datang jembatan bailey bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPERA). Diharapkan jembatan bailey ini akan selesai dalam 2 minggu. Meskipun demikian, nampaknya karena hanya dibangun 1 jembatan bailey, maka arus lalu lintas akan diberlakukan tutup buka. Ini akan menyebabkan kemacetan panjang ketika Pangandaran peak season.

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi Pangandaran, masih tetap dapat menikmati keindahan pantai tanpa kemacetan koq... Ada jalan lain yang rutenya jalannya memang sedikit agak memutar tetapi sepanjang perjalanan akan menikmati keindahan panorama pantai Selatan. Apabila dari arah Jakarta atau Bandung, rute yang dapat diambil adalah Tasikmalaya-Karangnunggal-Cipatujah-Cijulang-Pangandaran.

Sebagai gambaran, arah rute yang dapat ditempuh dapat dilihat pada google maps berikut.


Kondisi jalan ruteTasikmalaya-Cipatujah-Pangandaran ini bisa dikatakan dalam kondisi baik. Hampir semua jalan sudah dibeton atau aspal hotmix. Kondisi jalan Lintas Selatan Jawa Barat antara Cipatujah dapat dilihat pada foto di bawah.
Jalan Lintas Selatan antara Cipatujah-Pangandaran dengan konstruksi beton.
Jalan Lintas Selatan antara Cipatujah-Pangandaran dengan konstruksi beton.
Selain kondisi jalan yang sudah baik, juga akan dapat menikmati indahnya panorama pantai Selatan Jawa Barat. Mulai dari Cipatujah sampai ke Cijulang, rute jalannya akan melewati beberapa obyek wisata Tasikmalaya dan Pangandaran. Obyek wisata yang akan terlewati diantaranya adalah : Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari, Pantai Sindangkerta, Pantai Karang Tawulan, Pantai Keusik Luhur, Pantai Batukaras, Green Canyon, Pantai Batu Hiu, Body Rafting Citumang, Wonder Hill Jojogan, Pantai Karang Tirta, dan Pantai Pangandaran.
Menikmati makan di pinggir Pantai Pamayangsari.
Menikmati makan di pinggir Pantai Pamayangsari.
Jembatan Sungai Cimedang
Jembatan Sungai Cimedang
Muara Sungai Cimedang, indah dan cocok untuk memancing.
Muara Sungai Cimedang, indah dan cocok untuk memancing.
Pantai Batu Karas, cocok untuk surfing dan berenang.
Pantai Batu Karas, cocok untuk surfing dan berenang.
Dermaga perahu menuju Green Canyon-Cijulang
Dermaga perahu menuju Green Canyon-Cijulang
Jarak Tasikmalaya-Pangandaran via Cipatujah sekitar 163 km, dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam dengan kecepatan normal. Tetapi meskipun sedikit lebih jauh tidak akan membosankan, terutama bagi penggemar fotografi karena sepanjang jalan akan banyak spot memotret menarik.

Jalan alternatif Tasikmalaya-Pangandaran via Cipatujah yang indah ini dapat dijadikan rute alternatif berlibur yang menarik.

2 comments:

  1. Sangat Berguna suhu http://www.otofery.com/2016/10/modifikasi-exciter-150-mx-king-grafis.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu bradah ... Jupiter MMX-nya kewren lho hehehe ....

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.