Menikmati Sejuknya Hawa Pegunungan di Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Taman Wisata Ar Panas Guci di Tegal adalah salah satu destinasi wisata unggulan Jawa TengahAlamat Taman Wisata Air Panas Guci berada di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.
Sign board Taman Wisata Air Panas Guci di atas bukit.
Sign board Taman Wisata Air Panas Guci di atas bukit.
Koordinat Taman Wisata Air Panas Guci berada pada titik S7.19980 E109.16389. Taman Wisata Air Panas Guci memiliki luas 210 ha dan, berada di kaki Gunung Slamet sisi sebelah Utara dengan elevasi kurang lebih 1.050 meter dpl.
Gerbang masuk Taman Wisata Air Panas Guci-Tegal.
Gerbang masuk Taman Wisata Air Panas Guci-Tegal.
Untuk mengetahui lebih jelas lokasi Taman Wisata Air Panas Guci pada peta, dapat dilihat pada google maps berikut.


Karena Taman Wisata Air Panas Guci berada di pegunungan, maka kondisi topografi memang curam. Karena itu geometri jalan juga berkelok dan memiliki tanjakan dan turunan curam. Kondisi itu, mengharuskan mobil atau motor dalam kondisi baik, baik itu mesin, sistem kemudi, dan rem. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengemudi harus cukup baik, mengingat sebegian besar jalan berkelok dan bertopografi curam, ditambah lagi beberapa bagian jalan tanpa pagar pengaman di atas jurang.
Geometri jalan yang indah menuju ke Taman Wisata Guci.
Geometri jalan yang indah menuju ke Taman Wisata Guci.
Keunikan Taman Wisata Air Panas Guci adalah air panasnya tidak berbau belerang, sehingga pengunjung bisa berendam berlama-lama di kolam tanpa khawatir pusing menghirup bau belerang. Itu berbeda dengan pemandian air panas lainnya yang pernah saya kunjungi yang biasanya 15 menit saja sudah terasa pusing menghirup bau belerang.

Bagi yang baru mendengar Taman Wisata Air Panas Guci tentunya terdengar asing. Tetapi sebenarnya banyak keunikan di Taman Wisata Air Panas Guci. Selain tidak berbau belerang, juga memiliki banyak pancuran yang dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit tertentu seperti penyakit kulit, koreng, dan juga rematik.
Berfoto bersama keluarga di sekitar gerbang masuk Obyek Wisata Guci, dengan latar belakang Gunung Slamet yang tertutup awan
Berfoto bersama keluarga di sekitar gerbang masuk Obyek Wisata Guci,
dengan latar belakang Gunung Slamet yang tertutup awan
Terdapat sekitar 10 air terjun, di atas pemandian umum pancuran 13, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor. Untuk berkeliling di sekitar obyek wisata dapat dilakukan dengan menyewa kuda dengan tarif sewa yang relatif murah.
Puncak Gunung Slamet dilihat dari Guci
Puncak Gunung Slamet dilihat dari Guci
Pemandian air panas terbuka ada beberapa pancuran di obyek wisata Guci, yaitu:
  • Pancuran 13
  • Pancuran 7
  • Pancuran 5
  • Kolam renang hotel (ada beberapa hotel memiliki kolam renang air panas atau bahkan waterboom)
Kolam renang terbuka pancuran 13
Kolam renang terbuka pancuran 13
Selain pancuran air panas, terdapat juga wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan pelajar. Ada juga kebun strawbery yang bisa dipetik sendiri.
Jembatan gantung menuju pancuran 13
Jembatan gantung menuju pancuran 13
Pemandian Air Panas Guci memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti penginapan, hotel kelas melati, villa, losmen hingga hotel berbintang. Banyak tersedian hotel di Taman Wisata Air Panas Guci. Selain hotel, tersedia juga semacam homestay di Taman Wisata Air Panas Guci.
Masjid di hotel tempat kami menginap dengan Gunung Slamet sebagai background.
Masjid di hotel tempat kami menginap dengan Gunung Slamet sebagai background.
Konsekuensi berada di pegunungan adalah suhu yang dingin. Kondisi ini mememerlukan persiapan berupa pakaian tebal dan selimut yang memadai. Karena risiko dingin adalah terkena hipotermia, atau menurunnya suhu tubuh.

Ketika peak season dan musim hujan, pastikan booking hotel dari jauh hari. Mengingat hotel di Guci yang memiliki fasilitas yang baik hanya ada beberapa saja. Ketika musim hujan pilihlah hotel dengan fasilitas yang lengkap, paling tidak ada kolam renang air panas, sehingga bisa berenang setiap saat tanpa bayar lagi.

Yang terakhir, jangan malu untuk bertanya atau ngobrol dengan penduduk setempat. Biasanya mereka akan memberikan informasi yang cukup baik terkait obyek wisata Guci.

Bagi penggemar fotografi, Taman Wisata Air Panas Guci sangat cocok untuk hunting landscape. Terdapat banyak spot fotografi yang akan memanjakan para fotografer.
Landscape Taman Wisata Air Panas Guci di pagi hari.
Landscape Taman Wisata Air Panas Guci di pagi hari.
View salah satu lembah di Guci
View salah satu lembah di Guci
Pegunungan sekitar Guci
Pegunungan sekitar Guci
Pemandangan pegunungan di sekitar Guci.
Pemandangan pegunungan di sekitar Guci.
Obyek wisata Guci cocok untuk berlibur bersama keluarga, karena selain fasilitas lengkap, juga wisata kuliner yang ada cukup membuat penasaran ingin mencoba, seperti sate kambing muda dan sate kelinci.
Sate Kelinci, kuliner khas selain sate kambing muda khas Guci.
Sate Kelinci, kuliner khas selain sate kambing muda khas Guci.
Selamat menikmati liburan di Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016
yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Sejuknya Hawa Pegunungan di Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini