Rencana Penutupan Panoramio Mulai 4 November 2016

Semua pengguna Google sudah dipastikan mengenal aplikasi Panoramio. Ya, karena Panoramio adalah situs jejaring sosial berbagi foto milik Google yang berbasis geotag atau penanda lokasi. Pengguna Panoramio bisa melihat foto yang dibagikan melalui situs web Panoramio ataupun melalui Google MapsGoogle Earth ataupun yang lainnya.
Ilustrasi aplikasi Panoramio.
Ilustrasi aplikasi Panoramio.

Aplikasi Panoramio secara resmi diluncurkan pada tahun 2005 oleh Joaquin Cuenca Abela dan Eduardo Manchon Aguilar, dua orang pengusaha asal Spanyol. Tetapi ternyata Panoramio yang sudah malang melintang bertahun-tahun dalam hal photo sharing di Google akan menutup layanannya.

Berita rencana penutupan Panoramio didapatkan dari email yang terkirim hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2016. Dalam emailnya, Tim Panoramio mengumumkan akan menutup layanannya setelah tanggal 4 November 2016.

Sebenarnya pengumuman rencana penutupan Panoramio sudah akan dirilis pada tahun 2014. Panoramio akan memfokuskan dalam memperbaiki berbagi foto di Google Maps. Sejalan perkembangan waktu, Google Maps meluncurkan program Local Guide.
Ilustrasi program Local Guide versi Desktop.
Ilustrasi program Local Guide versi Desktop.
Local Guide ini lebih memudahkan pengguna Google untuk berbagi foto. Dengan program baru ini akhirnya Panoramio akan "dimatikan".

Tetapi bagi pengguna Panoramio jangan khawatir dengan penutupan ini. Pihak Panoramio memberikan masa transisi.

Bagi pengguna Panoramio tidak akan kehilangan data karena telah di-link-kan dengan akun Google+. Semua foto Panoramio akan di-copy ke arsip album Google dengan resolusi penuh. Semua foto Panoramio yang muncul di Google Maps tetap akan muncul di Maps.

Setelah 4 November 2016, foto masih tetap dapat diakses selama 1 tahun tetapi tidak dapat lagi menambah foto, menyukai atau memberikan komentar.

Untuk dapat terus berkontribusi menambah foto di Google Maps, dapat bergabung dengan program Local Guide. Local Guide merupakan program berbagi foto bagi komunitas atau yang menyukai fotografi. Setiap kontribusi foto akan diberikan poin dan akan membuka hadiah dari Google.

Semoga rencana penutupan Panoramio mulai tanggal 4 November 2016 ini tidak menurunkan semangat penggemar fotografi untuk tetap berkontribusi.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rencana Penutupan Panoramio Mulai 4 November 2016"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini