Wisata Sejarah ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur adalah salah satu destinasi wisata baru di Jawa Barat. Alamat Situs Gunung Padang berada di Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Koordinat Situs Gunung Padang tepatnya berada pada titik S6.99351 E107.05615.
Situs Megalitikum Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang
Pada mulanya memang Situs Megalitikum Gunung Padang sempat menjadi polemik di media. Terlepas dari semua polemik, memang Jawa Barat ternyata memiliki destinasi wisata sejarah yang banyak. Nampaknya di masa yang akan datang akan banyak ditemukan destinasi wisata baru sejalan dengan ekskavasi benda-benda purbakala.

Situs Purbakala Gunung Padang sangat mudah ditemukan. Jangan khawatir tersesat untuk menuju ke sana karena situs ini terletak di sekitar Warungkondang Cianjur. Warungkondang berada di jalan utama yang menghubungkan Cianjur-Sukabumi.

Ada sebuah baligo besar sebagai petunjuk arah menuju ke situs Gunung Padang di Warungkondang. Ikuti saja jalan tersebut sampai kurang lebih 20 km. Setelah itu sudah langsung sampai ke tempat parkir situs. Sepanjang jalan menuju situs akan disuguhi pemandangan yang indah. Karena terdapat perkebunan teh dan akan nampak Gunung Gede Pangrango. Destinasi ini cocok untuk yang hobi fotografi.
Foto sekeluarga di Situs Gunung Padang.
Foto sekeluarga di Situs Gunung Padang.
Apabila akan mengunjungi Situs Megalitikum Gunung Padang, sebaiknya berangkat pagi hari supaya tidak kepanasan di lokasi dan mendapat langit dan pemandangan yang bagus untuk foto-foto. Siapkan tenaga ekstra untuk menuju puncak situs, karena menaiki tangga yang curam. Apabila stamina kurang fit ambil jalur yang ke kanan dengan tanjakan yang tidak terlalu curam.
Anak-anak bermain di lereng situs.
Anak-anak bermain di lereng situs.
Anak-anak nampak senang di Situs Gunung Padang.
Anak-anak nampak senang di Situs Gunung Padang.
Apabila khawatir dengan rute, dapat menggunakan pemuda setempat untuk dijadikan guide dengan bayaran sukarela saja. Dan sebaiknya berkunjung di musim kemarau karena sebagian jalan curam dan hanya berbatu kecuali menggunakan kendaraan dengan ground clearance tinggi.

Saya sempat berkunjung bulan Juli tahun 2013. Bagi yang suka fotografi, selain situs itu juga terdapat banyak spot menarik yang bisa dijatikan tempat foto-foto, salah satunya Stasiun Kereta Api Lampegan dan Terowongan Kereta Api Lampegan. Berikut ini foto-foto di situs dan obyek lainnya.
Stasiun KA Lampegan, sekarang sudah berfungsi lagi KA Cianjur Sukabumi.
Stasiun KA Lampegan, sekarang sudah berfungsi lagi KA Cianjur Sukabumi.
Terowongan KA Lampegan
Terowongan KA Lampegan
Wisata sejarah ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur dapat dijadikan alternatif wisata di akhir pekan.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Wisata Sejarah ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur"

  1. Sy juga pernah ke sana Juli 2016. Infra struktur jalan harus diperbaiki agar lebih nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, permasalahan akses jalan yg kurang baik biasanya selalu menjadi masalah klasik pengembangan pariwisata di daerah.
      Terima kasih.

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini