Menikmati Petualangan di Alam Terbuka Menggunakan Mobil Biasa

Menikmati petualangan di alam terbuka pada umumnya identik dengan mengendarai mobil double gardan atau 4WD atau jeep. Petualangan juga selalu identik dengan touring ke daerah terpencil dan dengan kondisi jalan yang parah atau jalan off road. Nah, untuk melibas tantangan itu, biasanya memang kendaraan yang dipakai umumnya adalah jeep 4WD atau motor trail. Tetapi permasalahannya adalah mobil jeep 4WD atau sepeda motor trail itu tidak murah dan konsumsi bahan bakarnya pun sangat boros.
Menikmati pegunungan tinggi Dieng bersama keluarga.
Menikmati pegunungan tinggi Dieng bersama keluarga.
Berdasarkan pengalaman, saya lebih cenderung menggunakan sepeda atau pernah beberapa kali menggunakan mobil penumpang biasa dan malah pernah pakai sedan untuk menikmati petualangan di alam terbuka. Memang ada keterbatasan untuk kondisi jalan atau topografi alam yang bisa dilalui tidak memungkinkan jika menggunakan mobil sedan atau mobil penumpang biasa.

Memang sih, untuk dapat menikmati petualangan di alam terbuka secara total, diperlukan mobil double gardan atau 4WD. Dari segi kenyamanan, memang mengendari jeep biasa tentunya akan lebih nyaman memakai kendaraan penumpang biasa atau sedan. Kecuali jika mengendarai jeep sekelas Hummer atau Rubicon atau SUV lainnya yang harganya selangit hehehe ...

Tetapi permasalahannya adalah konsumsi bahan bakar tentunya dipastikan sangat boros. Karena berdasarkan pengalaman ketika tahun 94-an, ortu pernah memiliki jeep hardtop, konsumsi BBM-nya luar biasa boros, sementara kalau menggunkan mobil penumpang dengan mesin 2000 cc sekalipun, konsumsi BBM cuma 1 : 8 (paling boros ketika di pegunungan). Apalagi kalau pakai sedan, rata-rata malah cuma 1 : 12. Jauh lebih irit dibanding jeep yang kadang nyampe 1:2 dengan 4WD aktif.
Trip ke Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa (2300 m dpl) menggunakan mobil penumpang biasa.
Trip ke Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa (2300 m dpl)
menggunakan mobil penumpang biasa.
Touring sendirian yang paling ekstrim saya pernah perjalanan menyusuri pantai selatan Tasikmalaya dan Garut menggunakan sedan, tetapi memang kondisi jalan tidak terlalu parah dan masih nyaman dilalui sedan hehehe ....
Jalan antara Cipatujah-Pemeungpeuk, sangat nyaman dilalui sedan.
Jalan antara Cipatujah-Pemeungpeuk, sangat nyaman dilalui sedan.
Pantai Sayang Heulang Garut juga masih nyaman dijangkau sedan.
Pantai Sayang Heulang Garut juga masih nyaman dijangkau sedan.
Memang yang paling nyaman dan ngirit sih menggunakan MPV, selain bisa muat bagasi banyak juga bisa ngirit hotel, karena bisa tidur sekeluarga di mobil ketika perjalanan jauh.
Menggunakan MPV ke Wana Wisata Karang Nini, Pangandaran.
Menggunakan MPV ke Wana Wisata Karang Nini, Pangandaran.


Jadi, ... berdasarkan pengalaman saya yang masih nubie, ternyata untuk berpetualang ke hutan atau pegunungan dan menikmati petualangan di alam terbuka tidak harus memakai jeep 4WD, bisa pakai MPV atau malah sedan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Petualangan di Alam Terbuka Menggunakan Mobil Biasa"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini