Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Pengalaman Pertama Payroll di Bank Jabar Banten

Payroll di Bank Jabar Banten (BJB) ini sebenarnya adalah bukan gaji pertama, tetapi gaji pertama setelah proses alih PNS/ASN dari kota ke provinsi Jawa Barat. Karena penyerahan urusan kehutanan dari kabupaten/kota ke provinsi maka mengharuskan pindah ke Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jawa Barat ternyata memiliki kebijakan gaji semua PNS/ASN melalui rekening payroll di BJB.
Rekening Tanda Mata di BJB.
Rekening Tanda Mata di BJB.

Gaji sebagai PNS/ASN sih sebenarnya bukan hal yang istimewa, karena memang sudah mendapat gaji sebagai PNS selama hampir 17 tahun. Tetapi gaji kali ini memang sangat ditunggu-tunggu karena adanya proses peralihan pegawai kehutanan.

Proses peralihan PNS ini sangat panjang, mulai dari pendataan, verifikasi dan seterusnya. Semuanya adalah proses administrasi yang harus dijalani. Proses administrasi anggaplah sebagai hal yang wajar. Yang paling krusial adalah memang proses peralihan gaji.

Kenapa proses peralihan gaji ini krusial ? karena proses alih pegawai ini adalah proses massal. Sebenarnya alih tugas seharusnya terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2016 tetapi karena proses administrasi, secara faktual baru berjalan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017.

Proses kepindahan PNS ini memang agak membuat deg-degan karena secara de facto (kenyataan) sudah pindah ke Pemprov Jawa Barat tetapi secara de jure (hukum) belum sah karena belum menerima keputusan BKN alih PNS kehutanan ke provinsi.

Inilah yang menurut saya membuat krusial proses alih gaji kali ini. Soalnya sebagian PNS, gaji dari instansi asalnya sudah dihentikan padahal belum terbit Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP).

Tapi setelah dipastikan bahwa gaji sudah masuk ke rekening BJB melalui mekanisme payroll artinya bisa agak tenang sambil menunggu keputusan BKN.

Itulah pengalaman pertama payroll di BJB yang membuat deg-degan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.