Tips Memilih Ban Sepeda

Ternyata ban sepeda itu sekarang memiliki berbagai model, jenis, style dan ukuran. Ban sepeda ini sudah disesuaikan dengan medan atau jalan atau track yang akan ditempuh. Kesalahan dalam memilih ban sepeda akan berakibat tidak nyamannya bersepeda.
Ilustrasi ban sepeda gunung. Sumber : Wikimedia.
Ilustrasi ban sepeda gunung. Sumber : Wikimedia.
Ketidaknyamanan bersepeda diantaranya yang paling sering dialami adalah kayuhan sepeda menjadi berat. Selain menjadi berat juga bisa teradi roda belakang sepeda menjadi slip. Itu adalah 2 hal yang pernah saya alami dalam acara gowes yang lebih ke arah wisata kota saja.

Tentunya apabila akan bersepeda dengan medan atau track tertentu, harus tepat memilih ban sepeda agar tidak mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan selama bersepeda.

Berikut ini saya akan sharing mengenai tips cara memilih ban sepeda agar nyaman di sepanjang track.

  • Pastikan ukuran ban sepeda
Ukuran ban sepeda gunung pada umumnya yang digunakan adalah diameter 26 inch. Selain ukuran 26 inch, ada juga yang berdiameter 29 inch.
Jadi ketika hendak mengganti ban sepeda, pastikan ukurannya 26 inch atau 29 inch.

Selain ukuran diameter, juga perhatikan lebar tapak ban sepeda. Untuk kegiatan cross country / XC atau all mountain / AM biasa digunakan  ban dengan lebar tapak 1.8 inch sampai 2.4 inch. Sedangkan untuk kegiatan freeride dan downhill, biasa digunakan ban dengan lebar tapak 2.5 inch sampai 3.0 inch.

  • Pilih kembang ban yang tepat
Karakateristik kembang ban sepeda, sama dengan kembang atau model ban sepeda motor. Jika lebih sering bersepeda di jalan aspal, ban dengan tipe slick adalah pilihan yang tepat. Permukaan ban yang halus akan membuat sepeda ringan dikayuh.

Sedangkan apabila track yang akan dilalui adalah kombinasi permukaan, termasuk beton, singletrack aspal, halus atau sesekali kerikil dan makadam, tipe knop semi-slicks lebih cocok untuk digunakan.

Dan apabila seringkali dipakai untuk dirtjump, freeride atau downhill membutuhkan ban sepeda gunung untuk traksi dalam kondisi beragam. Maka pilihannya adalah kembangan yang lebih agresif.

Jika sudah menjadi hobi dan sering gowes dengan medan yang beragam, ada baiknya memiliki beberapa tipe ban agar kenyamanan bersepeda tidak terganggu.

  • Daya tahan ban sepeda
Faktor lain yang harus diperhatikan adalah daya tahan ban. jika jarak tempuh setiap hariya lumayan jauh da melewati jalan yang mungkin ada kaca atau paku atau batu tajam sepanjang track, tentunya perlu dipilih ban yang memiliki ketahanan lebih kuat.

  • Berat ban sepeda
Berat ban sepeda ini sangat berpengaruh jika sudah menjadi pembalap sepeda yang profesional. Makin ringan makin bagus tentunya.

Tetapi jika hanya sebatas hobi, nampaknya berat ban sepeda tidak terlalu berpengaruh.

Itulah 4 tips memilih ban sepeda agar nyaman digunakan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Ban Sepeda"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini