Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

9 Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap Selama Berpuasa

Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, masalah bau mulut adalah salah satu masalah klasik yang yang perlu  disiasati. Mulut yang berbau kurang sedap dapat mengganggu komunikasi. Selain itu juga, bau mulut terkadang membuat orang kurang percaya diri.
Ilustrasi mulut yang segar menambah percaya diri. Sumber foto : Pixabay. https://pixabay.com/en/apple-lipstick-lips-red-139266/
Ilustrasi mulut yang segar menambah percaya diri. Sumber foto : Pixabay.
Berdasarkan penelitian, ternyata ada 4 penyebab bau mulut. Penyebab bau mulut diantaranya adalah :
  • terdapat sisa makanan di dalam mulut yang diubah menjadi gas sulfur oleh bakteri.
  • ketika menjalani puasa, produksi saliva atau air liur akan berkurang, kurangnya saliva ini menyebabkan bakteri berkembang dengan sangat cepat di dalam mulut.
  • penyakit tertentu memang menyebabkan bau mulut. Pengidap diabetes atau maag cenderung mengeluarkan bau mulut yang kurang sedap.
Alangkah nikmatnya apabila kita dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau tidak sedap mulut kita. Berikut ini adalah beberapa tips agar terhindar dari bau mulut selama berpuasa di bulan Ramadhan.
  1. Usahakan minum air putih dengan cukup, kebutuhan minimal air putih adalah 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka. Dengan meminum air putih secara cukup pada menu sahur dan menu buka puasa, akan meningkatkan produksi saliva sehingga dapat mencegah bau mulut.
  2. Usahakan menggosok gigi dan lidah setelah makan sahut. Menggosok gigi setelah sahur dapat membersihkan  mulut dari sisa-sisa makanan. Sisa makanan di mulut ini berpotensi menjadi busuk dan menimbulkan bau tidak sedap.
  3. Usahakan tidak memakan makanan yang berbau kurang sedap, seperti: petai, jengkol atau durian.
  4. Usahakan tidak merokok atau paling tidak kurang merokok selama berpuasa. 
  5. Hindari makanan yang lengket menempel di gigi atau lidah. Makanan lengket akan susah dibersihkan dan menempel lama di mulut, sisa makanan ini berpotensi menebar bau busuk di siang hari. Makanan lengket ini seperti : cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. 
  6. Dapat menggunakan obat kumur setelah makan sahur agar mulut lebih bersih dari bakteri yang merugikan.
  7. Dapat juga menggunakan benang gigi (dental floss) agar sela-sela gigi lebih bersih dari sisa-sisa makanan.
  8. Usahakan melakukan olah raga ringan menjelang atau setelah berbuka puasa. Olah raga dapat membantu melepaskan zat-zat beracun dari dalam tubuh termasuk yang menyebabkan bau mulut.
  9. Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang  yang terlalu lama selama berpuasa akan memicu mulut yang tidak sedap.
Itulah  9 tips menghilangkan bau mulut yang tidak sedap selama berpuasa di bulan Ramadhan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.