Persiapan untuk Menghadapi Kekacauan

Baru saja nonton tayangan menarik di National Geographic Channel. Tetapi sayang sekali karena tidak menonton dari awal jadinya tidak sempurna menyimak program acara tv tersebut. Paling tidak meskipun tidak menonton dari awal, ada beberapa poin penting yang dapat diambil manfaatnya. Acara tersebut membahas bagaimana persiapan menghadapi kekacauan atau riot.
Ilustrasi kerusuhan yang mengakibatkan kekacauan. Foto : Pixabay.. https://pixabay.com/en/anarchy-riot-violence-brutal-force-152588/
Ilustrasi kerusuhan yang mengakibatkan kekacauan. Foto : Pixabay.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus mendapat perhatian ketika ada indikasi akan timbul kekacauan atau riot.

Ketika terjadi kekacauan, mungkin uang tidak ada artinya.
Ketika ada kerusuhan atau kekacauan atau riot, seperti yang pernah terjadi pada bulan Mei 1998, nampaknya uang seperti tidak ada artinya. Hal ini disebabkan ternyata barang juga tidak ada di pasaran atau kalau pun ada harganya sangat mahal karena inflasi yang tinggi.

Nah, karena hal itulah makan untuk mengantisipasi tidak bergunanya uang, banyak hal yang harus dipersiapkan selain uang.

Harus ada kesiapan ketahanan pangan.
Hal yang paling penting bagi mahluk hidup adalah pangan. Jadi untuk mengantisipasi adanya kekacauan yang cukup lama, diperlukan stok pangan yang cukup.

Cadangan pangan yang harus disiapkan bisa dalam bentuk awetan yang tidak menggunakan bahan kimia untuk mengawetkannya. Makanan awetan ini paling tidak harus ada dalam jumlah yang cukup paling tidak untuk beberapa bulan atau setahun.

Teknik pengawetan makanan yang paling sederhana adalah dengan beberapa cara, diantaranya :
  • penggaraman
  • dibuat manisan
  • pengasapan
  • pengeringan

Teknik pengawetan makanan secara sederhana dengan cara tersebut, paling tidak dapat bertahan beberapa bulan atau bahkan bisa setahun.

Persiapkan ketahanan energi.
Ketika terjadi kekacauan, akan ada kemungkinan sulit memperoleh bahan bakar. Pengalaman kejadian kerusuhan bulan Mei 1998, kita semua merasakan sulit sekali memperoleh bahan bakar minyak dan juga gas.

Bahan bahan bakar yang dapat dipersiapkan dan disimpan dalam waktu lama adalah kayu bakar. Kayu bakar harus disiapkan untuk mengantisipasi sulitnya memperoleh gas.

Mitigasi ketika menghadapai kekacauan memang sangat penting meskipun tentunya kita semua tidak mengharapkan tidak terjadi kerusuhan dan kekacauan, meskipun risiko itu selalu ada.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persiapan untuk Menghadapi Kekacauan"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini