Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Tradisi Munggahan Menjelang Bulan Puasa

Bulan Puasa atau Bulan Ramadham nampaknya hanya tinggal hitungan hari. Awal bulan puasa tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah. Informasi awal 1 Ramadhan bertepatan dengan tanggal 27 Mei. Nah, ada satu tradisi menjelang bulan puasa, yaitu tradisi munggahan.
Ilustrasi munggahan di obyek wisata.
Ilustrasi munggahan di obyek wisata.
Munggahan ini biasanya dilaksanakan satu atau dua hari sebelum bulan Ramadhan. Tradisi munggahan ini biasanya diisi dengan acara makan bersama atau botram bersama keluarga, saudara, kolega, atau teman kerja. Tradisi munggahan ada juga yang diisi dengan kegiatan mengunjungi tempat wisata.
Obyek wisata menjadi tempat favorit untuk munggahan.
Obyek wisata menjadi tempat favorit untuk munggahan.
Kegiatan yang paling menonjol pada tradisi munggahan ini memang adalah makan bersama. Makan bersama ini tidak jarang kantor-kantor mengadakan acara munggahan bersama para pegawai.

Tempat munggahan favorit ini biasanya dilakukan di tempat atau rumah makan favorit, sehingga tidak jarang menjelang bulan puasa ini beberapa rumah makan menjadi sangat penuh dan antri. Selain antri, juga terjadi kemacetan jalan di beberapa tempat makan atau kuliner menarik.

Itulah sepintas gambaran mengenai tradisi munggahan menjelan bulan Ramadhan yang umumnya dilakukan di daerah Sunda atau Jawa Barat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.