7 Tips Traveling Menggunakan GPS agar Tidak Nyasar

Apa iya  pasang gps di mobil atau motor tapi koq masih tersesat ?. Yang pasti, ketika berada di alam terbuka anything is possible, segala sesuatu bisa saja terjadi. Meskipun sudah dipasang gps canggih, tetap saja ada keterbatasan.
Ilustrasi sebuah GPS terpasag di sepeda motor.
Ilustrasi sebuah GPS terpasag di sepeda motor.
Ketika melakukan tip buta banyak hal yang menjadi pelajaran supaya tidak terulang. Ternyata ketika touring di alam terbuka dalam kondisi  hujan dan  malam hari, semua gps (Superspring, Garmin 60 CSx, dan Garmin Mobile XT) bisa saja tidak menerima sinyal gps dengan baik.

Posisi mobil di layar gps loncat-loncat. Kondisi jalan ber-topografi berat. Jalanan naik turun, kanan jurang dalam dan kiri tebing sangat tinggi. Udah gitu kondisi cuaca juga hujan lebat ditambah lagi jalan berada di bawah naungan hutan lebat. Dan yang lebih parah saya pake sedan jadi gak bisa ngebut.

Sementara itu radio komunikasi vhf tidak menerima satupun station radio amatir.

Ada kalanya ketika mengalami hal seperti itu, adaya yang mengaitkan dengan hal gaib. Tetapi menurut saya, hal itu jangan dikait-kaitkan dengan hal mistik.

Meskipun agama saya mengajarkan kalo memang ada hal-hal gaib di sekeliling kita. Kita harus percaya pada diri sendiri meskipun jangan sampe takabur ketika sedang berada di tengah alam terbuka.

Berdasarkan pengalaman touring dibantu gps dan hasil browsing dari berbagai sumber, saya mau berbagi tips ketika traveling dibantu gps dan tidak nyasar :

  • Pahami rencana rute dan kondisi jalan
Jangan sampai kita buta sama sekali ke arah tujuan yang mau dituju plus ditambah radius 100 km. Kawan-kawan tetap harus buka peta sebelum berangkat meskipun bawa gps. Syukur-syukur peta kontur juga siap. Untuk peta bisa memakai software map source dan update peta (gratis) bisa di-download di Navigasi .net. Untuk peta kontur, kawan-kawan bisa browsing dan cukup tersedia secara gratis.

  • Pahami kemampuan dasar navigasi
Ketika cruising di rute baru, jangan sampe buta sama sekali, hal ini bisa serasa destination nowhere, alias ngerasa gak tau ke mana dan serasa gak sampe-sampe ke tujuan, apalagi penumpang nanya terus, "ini di mana sih ?".  Kita  harus bisa orientasi arah dan mem-plotting posisi kita di peta, bisa dengan melihat penanda alam yang ada, misal gunung, danau atau penanda alam lainnya.

  • Jangan berdebat rute yang diambil
 Ketika akan memutuskan rute yang diambil, satu tim jangan sampe berdebat yang bisa mengakibatkan suasana menjadi gak nyaman di perjalanan, percayakan ke team leader, yang lain cukup memberikan masukan pertimbangan saja.

  • Team Leader jangan salah ambil keputusan
Ketika memutuskan rute, team leader (sopir kalo sama keluarga saja) jangan sampe salah ambil keputusan, itulah makanya team leader harus cerdas hehehe ....

  • Logistik harus cukup
 Ketika trip ke destination nowhere, jangan pernah kurang logistik, mulai konsumsi dan bbm. Saya biasanya bawa cukup air dan makanan yang mudah cerna dan berkalori tinggi, misalnya coklat. Udah gitu, bbm jangan sampe kurang dari setengah tangki, ketika ketemu SPBU selalu isi penuh (gak boleh alesan ngirit, trip itu emang kadang emang menghamburkan uang hahaha ...)

  • Pasang antena GPS eksternal
 Pengalaman saya traveling horor ke Pameungpeuk beberapa waktu lalu, sinyal gps emang sempat hilang, (percayalah hehehe ....) hal itu bukan karena mistik, tetapi memang sinyal di luar gak mampu menjangkau gps kita, jadi kita perlu antena eksternal or antena re-radiating supaya (semua) gps di dalam mobil bisa menerima sinyal gps dengan baik. Untuk memaksimalkan perimaan sinyal gps di dalam mobil, upayakan kaca depan jangan di-block pake kaca film berbahan dasar logam, saya gak mau nyebut merk ah, ntar dikira black campaign hehehe ..., yang jelas kaca-kaca film mahal akan mem-block sinyal gps.

  • Pasang radio komunikasi high frequency
Keterbatasan gelombang vhf adalah dia gak mampu menembus penghalang topografis, misalnya bukit atau gunung, sehingga kita perlu radio hf. Radio hf  dapat menembus penghalang topografis.

  • Tetap tenang ketika nyasar
Ketika tau nyasar, tetap tenang, buka peta dan diskusi sama team. Jangan sampe malah saling menyalahkan. Semuanya bisa terjadi di sini. Optimalkan gps, radio komunikasi (HP juga kalo ada sinyal hehehe ...)

Itulah 7 Tips Menggunakan GPS agar Tidak Nyasar. Semoga traveling Anda menyenangkan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Tips Traveling Menggunakan GPS agar Tidak Nyasar"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini