Meningkatkan Performa Mobil dengan Gurah Mesin

Penumpukan karbon di ruang bakar adalah penyakit yang biasanya dialami oleh mobil yang sudah berumur meskipun belum dikategorikan motuba. Penumpukan karbon di ruang bakar ini selain menurunkan performa mesin juga membuat suara mesin kasar. Dan yang paling terasa akibatnya adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
Meningkatkan Performa Mobil dengan Gurah Mesin
Meningkatkan Performa Mobil dengan Gurah Mesin
Untuk harian, saya menggunakan mobil sedan Great Corolla tahun 94. Permasalahan klasik mobil tua adalah tarikan mesin atau performa mesin yang menurun. Indikasinya adalah BBM boros dan tenaga kurang. Penuruanan performa mesin bisa jadi disebabkan karena penumpukan karbon di ruang bakar. Penumpukan karbon di ruang bakar bisa menyebabkan bocor kompresi mesin.

Perbaikan yang disarankan bengkan biasanya adalah turun mesin setengah. Turun mesin setengah ini untuk membersihkan kerak karbon di ruang bakar dan membersihkan klep. Setelah ruang bakar dan klep dibersihkan, diharapkan kompresi yang bocor dapat tertangani.

Yang menjadi permasalahan adalah biaya turun mesin setengah ini harganya cukup mahal.

Nah, berdasarkan iklan di media massa, penumpukan kerak bakar dan  kompresi mesin bocor dapat diatasi dengan gurah mesin. Gurah mesin ini sebenarnya adalah carbon cleaner.

Teknik gurah mesin dilakukan dengan cara memasukkan cairan carbon cleaner melalui lubang busi (tanpa membongkar mesin) menggunakan alat khusus. Dengan menggunakan alat khusus ini, cairan carbon cleaner berubah menjadi foam. Kondisi mesin yang akan dibersihkan karbonnya harus dalam kondisi mesin panas agar lebih optimal.
Peralatan carbon cleaner atau gurah mesin.
Peralatan carbon cleaner atau gurah mesin.
Cairan carbon cleaner yang berbentuk foam ini kemudian dibiarkan selama 5–10 menit. Cairan carbon cleaner yang sudah menjadi foam ini akan membersihkan ruang bakar dan klep-klep mesin. Selanjutnya, cairan yang sudah bercampur dengan kerak karbon terlarut dihisap kembali. Hasil buangan carbon cleaner ini menjadi hitam pekat bercampur dengan sisa karbon.
Buangan hasil carbon cleaner yang berwarna hitam pekat.
Buangan hasil carbon cleaner yang berwarna hitam pekat.
Menurut referensi dari media sosial, manfaat yang dapat dirasakan setelah dilakukan carbon cleaner atau gurah mesin adalah :
  • power dan torsi mesin kembali terasa seperti baru.
  • mengoptimalkan pembakaran bbm di ruang bakar mesin sehingga dapat engurangi polusi gas buang.
  • mengurangi gejala mesin ngelitik (knocking) pada kendaraan.
  • konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.
  • menghemat biaya perawatan mesin. 
Pengerjaan carbon cleaner ini tidak membutuhkan waktu lama, tetapi hasilnya langsung dapat dirasakan,.

Itulah pengalaman gurah mesin untuk meningkatkan performa mesin. Dengan performa mesin yang bagus, mudik Lebaran menjadi lebih menyenangkan dan nyaman terutama melewati jalur mudik alternatif.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Meningkatkan Performa Mobil dengan Gurah Mesin"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini