Bagaimana GPS dapat Membantu Traveler ?

Entah kenapa saya koq ya pengin nulis artikel tentang navigasi. Padahal saya bukan ahli navigasi lho ya. Saya cuma menikmati kemudahan teknologi gps saja. Jadi sebenarnya bagaimana sebuah gps dapat membantu ketika traveling ?.
Ilustrasi tampilan GPS gratis 7Ways.
Ilustrasi tampilan GPS gratis 7Ways.
Prinsip kerja gps pada dasarnya adalah menentukan lokasi perangkat di muka bumi dengan dibantu satelit gps. Selanjutnya apabila ditambahkan aplikasi navigasi, dapat digunakan untuk navigasi darat. Aplikasi gps ini banyak sekali jenisnya, mulai dari perangkat gps yang sudah dilengkapi peta, aplikasi gps di android, bahkan sekarang sudah ada gps jam tangan.

Untuk dapat melakukan navigasi darat, aplikasi gps perlu dilengkapi peta. Peta ini dapat diperoleh secara online atau saya lebih senang peta gps karya anak bangsa di www.navigasi.net. Kelebihan peta navnet ini tentunya sangat lengkap  karena merupakan hasil kontribusi dari kontributor peta seluruh Indonesia.

Saya tidak akan membahas bagaimana sebuah gps dapat berfungsi memberikan lokasi. Tetapi saya hanya ingin menyampaikan apa yang dapat gps lakukan sehingga membantu traveler ketika traveling.

Beberapa hal dasar ini lah yang dapat dilakukan gps ketika digunakan untuk  navigasi darat.

Menentukan Rute Traveling (Routing)
Untuk membuat sebuah rute perjalanan, yang diperlukan adalah titik tujuan awal dan tujuan akhir. Selain itu juga dapat disisipkan tujuan antara jika diperlukan.
Ilustrasi sebuah rute yang dihasilkan oleh gps.
Ilustrasi sebuah rute yang dihasilkan oleh gps.
Ketika membuat rute perjalanan ini agar routing sesuai dengan harapan, harus dipastikan dulu apakah kan menggunakan rute tercepat atau jarak terpendek. Rute tercepat biasanya akan melewati kelas-kelas jalan terbesar. Sedangkan jarak terpendek, gps akan  menghitung jarak terpendek antara 2 titik rute. Tetapi mungkin tidak akan memperhatikan kelas jalan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah lakukan setting routing dengan dengan maksud misalnya menghindari jalan tidak beraspal, atau  menghindari jalan tol atau menentukan jenis kendaraan yang dipergunakan.

Apabila seudah mengguanakan peta yang up to date dan setting rute perjalanan dengan benar, seharusnya tidak terjadi salah sasaran atau tersesat.

Perkiraan Waktu Tempuh
GPS navigasi yang telah dilengkapi peta juga dapat menghitung berapa lama waktu tempuh untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ilustrasi perhitungan waktu tempuh menuju tujuan tertentu. Jarak 604 km dapat ditempuh dalam waktu 15 jam 41 menit.
Ilustrasi perhitungan waktu tempuh menuju tujuan tertentu.
Jarak 604 km dapat ditempuh dalam waktu 15 jam 41 menit.
GPS dapat menghitung waktu tempuh ini karena di masing-masing jelan telah ditentukan kecepatannya.

Dengan diketahui waktu tempu ini, traveler dapat menyesuaikan atau mengatur akomodasi yang harus disiapkan di tempat tujuan.

Membantu Menemukan POI
Point of Interest atau POI adalah tempat-tempat menarik yang ada pada peta gps yang telah diperbaharui di perangkat gps. POI ini bisa berupa : hotel, spbu, bank, atau atm atau perkantoran atau dapat juga hal lain yang perlu.
Ilustrasi menemukan POI SPBU di sekitar perangkat gps.
Ilustrasi menemukan POI SPBU di sekitar perangkat gps.
Menemukan POI ini akan sangat membantu traveler ketika ingin mencari tempat tertentu sebagai tujuan antara atau tujuan akhir.

Info Peringatan Bahaya
Hal lain yang agak krusial ketika driving adalah lokasi bahaya. Apabila menggunakan aplikasi gps 7Ways, dan telah diperbaharui dengan ditambahkan Indonesia's Road Warning akan ada peringatan ketika akan  melintasi zona yang dianggap bahaya, misalnya adalah perlintasan kereta api atau lampu merah.
Ilustrasi peringatan bahaya mendekat lampu merah.
Ketika akan mendekati lampu merah atau perlintasan kereta api, peringatan bahaya gps akan berbunyi memberikan peringatan. Hal ini akan sangat membantu traveler agak tidak lengah dan dapat terhindar dari kecelakaan.

Selain itu juga, apabila akan mendekati belokan atau persimpanga, gps juga akan memberikan peringatan. Dan apabila jalan terdiri atas beberapa lajur, gps juga akan menyarankan lajur mana yang harus dipakai untuk mengantisipasi belokan atau persimpangan.
Ilustrasi peringatan gps persiapan menghadapi belokan.
Ilustrasi peringatan gps persiapan menghadapi belokan.
Meskipun demikian, gps hanyalah sebuah alat, jadi berfungsi dengan baik atau tidak kuncinya adalah di operator gps-nya sendiri. Pastikan peta selalu up to date, karena tidak semua ruas jalan ter-update secara baik.

Dan yang pasti gps hanyalah alat bantu, tetap diperlukan pengatahuan dasar navigasi darat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika traveling.

Begitulah GPS dapat membantu traveler ketika traveling dan tetap harus ditunjang dengan pengetahuan dasar navigasi darat agar dapat bernavigasi sesuai dengan harapan.

Selamat menikmati perjalanan Anda....

Disclaimer : tulisan ini bahannya dan contoh rute menggunakan aplikasi gps gratis 7Ways pada ponsel pintar atau android dan peta dari navigasi.net. Apabila menggunakan aplikasi lain atau peta lain, mungkin hasil atau menunya akan berbeda.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Bagaimana GPS dapat Membantu Traveler ?"

  1. Hello there, I found your website by the use of Google while looking for a related subject, your
    website came up, it seems good. I've bookmarked it in my google bookmarks.

    Hello there, simply was alert to your blog through Google, and found that it's really informative.
    I am gonna be careful for brussels. I will be grateful
    if you continue this in future. Many people can be benefited from your writing.
    Cheers!

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini