Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Berkunjung ke Keraton Sumenep Pulau Madura

Apabila traveling ke Pulau Madura, belum lengkap apabila tidak berkunjung ke Keraton Sumenep. Berkunjung ke Pulau Madura, selain menikmati kuliner khas Madura dan menikmati keindahan alamnya, berziarah ke tempat bersejarah di Pulau Madura tentunya akan memberikan kesan yang mendalam.
Keraton Sumenep di Pulau Madura.
Keraton Sumenep di Pulau Madura.
Keraton Sumenep merupakan tempat tinggal resmi para Adipati/Raja-Raja selain sebagai tempat untuk menjalankan roda pemerintahan Kerajaan Sumenep. Sebenarnya Kerajaan Sumenep bisa dikatakan hanya sebuah kerajaan kecil (mungkin setingkat Kadipaten) waktu itu. Hal ini karena sebelum wilayah Sumenep dikusai VOC, wilayah Sumenep masih harus membayar upeti kepada kerajaan-kerajaan besar di Pulau Jawa, seperti Kerajaan Singhasari, Kerajaan Majapahit, dan Kasultanan Mataram.

Keraton Sumenep sebenarnya adalah bangunan kediaman keadipatian yang pola penataan bangunannya lebih sederhana apabila dibandingkan dengan keraton-keraton besar seperti Yogyakarta dan Surakarta. Karena sederhana, bangunan Keraton Sumenep hanya terdiri atas : Gedong Negeri, Pengadilan Karaton, Paseban, dan beberapa bangunan Pribadi Keluarga Keraton.
Pintu gerbang Keraton Sumenep.
Pintu gerbang Keraton Sumenep.
Keraton Sumenep dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo I tahun 1762. Arsitek Keraton Sumenep adalah Liaw Piau Ngo seorang warga keturunan Tionghoa yang mengungsi akibat Huru Hara Tionghoa 1740 M dari Semarang. Gaya arsitektur Keraton Sumenep memadukan gaya arsitektur Islam, Eropa, China, dan Jawa. 

Keraton Sumenep dikenal juga dengan nama Karaton Pajagalan atau Karaton Songennep. Dan karena Keraton Sumenep pernah ditinggali oleh seorang permaisuri yaitu Ratu Ayu Tirto Negoro,  maka dikenal juga dengan sebutan Potre Koneng (Putri Kuning).

Disebut Putri Kuning merupakan penghargaan kepada Putri yang berasal dari China. Kulit Permaisuri ini terkenal memiliki kulit kuning bersih. Maka, untuk menghormati sang permaisuri maka atap Keraton Sumenep diberi warna kuning cerah.
Salah satu ruangan di Keraton Sumenep yang indah penuh warna.
Salah satu ruangan di Keraton Sumenep
yang indah penuh warna.
Bagi yang mau berkunjung, Alamat Keraton Sumenep berada di Jalan Dr. Sutomo No.6, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Koordinat Keraton Sumenep tepatnya berada pada titik S7.009004, E113.862515.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Keraton Sumenep, dapat dilihat pada google maps berikut.

Itulah gambaran singkat ketika berkunjung ke Keraton Sumenep yang indah di Pulau Madura.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.