Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Bledug Kuwu, Fenomena Kawah Lumpur dari Grobogan

Kalau dari segi bahasa Daerah, Bledug itu artinya dalam Bahasa Indonesia adalah letusan. Sedangkan Kuwu adalah nama sebuah desa di Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Buat yang baru dengar Bledug Kuwu, ini adalah sebuah fenomena alam kawah lumpur. Disebut Bledug karena setiap beberapa menit sekali menimbulkan letusan.
Bleduk Kuwu, fenomena alam kawah lumpur di Kabupaten Grobogan.
Bledug Kuwu, fenomena alam kawah lumpur di Kabupaten Grobogan.
Bledug Kuwu adalah berupa kawah lumpur (bledug). Bledug Kuwu (karena berlokasi di Kuwu) ini secara berkala (setiap 2-3 menit) melepaskan lumpur mineral dalam bentuk letupan besar (setinggi hingga 2 m). Luas Bledug Kuwu konon setiap tahun semakin luas, luas sekarang sekitar 45 hektar. hal letaknya sendiri jauh dari laut.

Salah satu manfaat yang diperoleh oleh penduduk setempat, lumpur mineral ini dimanfaatkan untuk pembuatan konsentrat garam yang disebut bleng  dan dipakai salah satunya untuk pembuatan kerupuk karak
Air dan garam mineral dari Bledug Kuwu yang dijual kepada pengunjung.
Air dan garam mineral dari Bledug Kuwu yang dijual kepada pengunjung.
Cara pembuatan garam mineral ini masih dilakukan secara tradisional. Pembuat garam bleng ini dibuat dengan cara menampung air dari bledug itu ke dalam glagah (batang bambu yang dibelah menjadi dua), lalu dikeringkan.

Alamat Bledug Kuwu berada di Jalan Wirosari-Kuwu, Kuwu, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Koordinat Bleduk Kuwu tepatnya pada titik S7.115749, E111.121819.

Untuk mengetahui lokasi Bledug Kuwu, dapat dilihat pada google maps.

Bledug Kuwu ini merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Grobogan. Obyek wisata andalan lain di Kabupaten Grobogan yang memiliki kemiripan adalah sumber api abadi Mrapen. Wisata alam lainnya di Kabupaten Grobogan adalah Waduk Kedungombo.

Hal yang menarik dari obyek wisata Bledug Kuwu ini adalah adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus-menerus secara berkala, antara 2 sampai 3 menit.
Letupan lumpur di kawah lumpur Bledug Kuwu.
Letupan lumpur di kawah lumpur Bledug Kuwu.
Bulatan lumpur siap meledak di Bledug Kuwu.
Bulatan lumpur siap meledak di Bledug Kuwu.
Karena ada dorongan dari dalam bumi, lumpur membulat dan siap meledak.
Karena ada dorongan dari dalam bumi, lumpur membulat dan siap meledak.
Menurut beberapa sumber kawah lumpur di Desa Kuwu ini sama seperti kawah lumpur lainnya. Bledug Kuwu ini, secara geologis, adalah aktifitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. Gas ini biasanya adalah gas metana.

Letupan-letupan lumpur yang terjadi biasanya membawa juga larutan yang kaya mineral. Mineral ini muncul dari bagian bawah lumpur ke atas.

Banjir lumpur panas di Sidoarjo juga diakibatkan oleh kawah lumpur. Cuma memang kejadiannya berbeda dan Lumpur Lapindo di Sidoarjo aktifitasnya lebih tinggi.

Selain secara ilmiah, ternyata di masyarakat setempat berkembang pula cerita legenda tentang Bledug Kuwu. Menurut cerita turun-temurun yang beredar di kalangan masyarakat setempat, Bledug Kuwu terjadi karena adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan Laut Selatan (Samudera Hindia).

Konon lubang itu adalah jalan pulang Jaka Linglung dari Laut Selatan menuju kerajaan Medang Kamulan setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Joko Linglung konon bisa membuat lubang tersebut karena dia bisa menjelma menjadi ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anak Raden Ajisaka.

Bledug Kuwu ini dihubungkan dengan Legenda Ajisaka.

Bledug Kuwu ini sebenarnya mungkin menyimpan potensi yang mungkin belum dikembangkan. Bledug Kuwu ini menyimpan kekayaan alam bagi warga sekitar dalam bentuk pemanfaatan garam mineral atau mungkin pemanfaatan gas metana.
Panorama view Bledug Kuwu di Kabupaten Grobogan.
Panorama view Bledug Kuwu di Kabupaten Grobogan.
Fenomena alam Bledug Kuwu ini adalah obyek wisata kawah lumpur yang sementara ini aman dikunjungi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.