Indahnya Alun-alun Kota Batu yang Seperti Obyek Wisata

Kota Batu di Jawa Timur semakin memantapkan sebagai daerah tujuan wisata populer di Indonesia. Kota Wisata Batu Malang memiliki banyak obyek wisata yang menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung. Obyek wisata di Kota Batu ini dari tahun ke tahun semakin lengkap, dari mulai wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja dan wisata lainnya. Bahkan, alun-alun juga yang merupakan tempat umum, dibuat dan ditata sangat indah menyerupai obyek wisata. Alun-alun Kota Batu memang terkenal sangat indah layaknya obyek wisata.
Indahnya Alun-alun Kota Batu di Jawa Timur.
Indahnya Alun-alun Kota Batu di Jawa Timur.
Kota Batu pada awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Selanjutnya Batu ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 6 Maret 1993. Dan akhirnya pada tanggal 17 Oktober 2001, Kota Batu ditetapkan menjadi daerah otonom baru (DOB) yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Kota Batu berkembang menjadi salah satu kota wisata terkenal di Indonesia. Kota Batu bahkan menjadi icon pariwisata Jawa Timur.

Memang sejak zaman Belanda, Batu dikenal di kalangan bangsa Belanda memiliki keindahan dan keelokan alam. Sehingga Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss. Julukan Kota Batu dari bangsa Belanda dikelan sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Kota Batu bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang merupakan wilayah yang dikenal dengan istilah Malang Raya. Malang Raya ini diharapkan berkembang menjadi Wilayah Metropolitan Malang.

Meskipun luas wilayah Kota Batu hanya  202,30 km², tetapi memiliki banyak obyek wisata andalan. Objek wisata di Kota Batu sangat beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, wisata pendidikan, hingga kawasan wisata alam.

Karena elevasi Kota Batu berada pada ketinggian rata-rata 700-1.700 m dpl, suhu udara terasa sangat sejuk. Suhu udara di Kota Batu rata-rata di kisaran 12-19 derajat Celsius.

Pariwisata Kota Batu berkembang menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batu meruapakan salah satu yang terbesar, sebanding dengan Bali dan Yogyakarta.

Untuk mewujudkan Kota Batu sebagai icon pariwisata Jawa Timur, Pemkot Batu membangun banyak fasilitas umum berupa taman-taman yang indah. Salah satu taman yang sangat indah adalah Alun-alun Kota Wisata Batu.
Tempat bermain anak-anak di alun-alun Kota Batu.
Tempat bermain anak-anak di alun-alun Kota Batu.
Taman alun-alun Kota Batu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung yang datang ke alun-alun. Fasilitas ini diantaranya : tempat bermain anak, kincir, dan ketika malam hari ada lampion yang menambah indah taman.

Untuk tetap menjaga kesejukan dan kenyamanan udara di alun-alun Kota Batu, pengunjung dilarang merokok di area taman. Selain itu juga hebatnya taman alun-alun Kota Batu ini terbebas dari reklame atau iklan.
Salah satu sudut alun-alun Kota Batu yang bebas asap rokok.
Salah satu sudut alun-alun Kota Batu yang bebas asap rokok.
Untuk semakin membuat betah pengunjung alun-alun, di sekitar taman juga tersedia tempat parkir yang nyaman. Agar pengunjung taman dapat sekalian wisata kuliner di Kota Batu, di sekitar alun-alun juga ada kawasan wisata kuliner. Diantaranya adalah yang sedang trend di media sosial yaitu Pos Ketan Legenda 1967.

Apabila berwisata ke Kota Batu, sempatkan mampir ke taman untuk menikmati indahnya alun-alun Kota Batu yang layaknya obyek wisata gratis.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Indahnya Alun-alun Kota Batu yang Seperti Obyek Wisata"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini