Booking by Pegipegi

DMCA Protected

loading...

Indahnya Arsitektur Masjid Agung Sumenep Pulau Madura

Pulau Madura ternyata memiliki obyek wisata yang sangat lengkap. Selain wisata alam dan wisata budaya, dapat juga wisata religi. Salah satu peninggalan sejarah yang merupakan wisata religi adalah indahnya arsitektur Masjid Agung Sumenep yang berada di ujung Timur Pulau Madura.
Masjid Agung Sumenep dari arah samping.
Masjid Agung Sumenep dari arah samping.
Gaya arsitektur Masjid Agung Sumenep ini sepertinya banyak dipengaruhi budaya Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Hal yang terlihat mencolok adalah pintu gerbang masuk utama masjid yang nampak jelas corak arsitektur budaya Tiongkok.

Masjid Agung Sumenep dibangun setelah pembangunan Kraton Sumenep. Inisiator pembangunan Masjid Agung Sumenep adalah Adipati Sumenep, Pangeran Natakusuma I.

Masjid ini dibangun sebagai bangunan pelangkap Keraton Sumenep. Selain itu, masjid ini dibangun sebagai tempat ibadah bagi keluarga Keraton dan masyarakat.

Menurut catatan sejarah Sumenep yang ada di museum Keraton Sumenep, pembangunan Masjid Jamik Sumenep dimulai pada tahun 1779 M dan selesai pada tahun 1787 M.

Bagian yang paling menarik dari Masjid Agung Sumenep ini adalah pintu gerbang masjid.

Tetapi secara umum, nampaknya Masjid Agung Sumenep ini dipengaruhi budaya Jawa pada bagian atapnya dan budaya Madura pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid. Sementara untuk interior dipengaruhi budaya Tiongkok pada bagian mihrab.

Masjid Agung Sumenep juga dilengkapi minaret yang gaya arsitektur dipengaruhi budaya Portugis. Minaret Masjid Agung Sumenep memiliki tinggi 50 meter yang berada di sebelah Barat masjid.
Bagian depan gerbang masuk Masjid Agung Sumenep.
Bagian depan gerbang masuk Masjid Agung Sumenep.
Menurut cerita, minaret Masjid Agung Sumenep ini dibangun pada pemerintahan Kanjeng Pangeran Aria Pratingkusuma.
Masjid Agung Sumenep di Pulau Madura.
Masjid Agung Sumenep di Pulau Madura.
Alamat Masjid Agung Sumenep berada di Jalan Manikam No.184, Sumenep, Jawa Timur. Koordinat Masjid Agung Sumenep tepatnya pada titik S7.008143, E113.859100.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Masjid Agung Sumenep dapat dilihat pada google maps berikut.

Lokasi Masjid Agung Sumenep ini tidak jauh dari Keraton Sumenep. Letak Masjid Agung Sumenep ini persis berada di seberang Taman Adipura Kota Sumenep.
Taman Adipura Kota Sumenep di seberang Masjid Jamik Sumenep.
Taman Adipura Kota Sumenep di seberang Masjid Jamik Sumenep.
Selain  menikmati keindahan gili yang berada di Pulau Madura, khususnya di Sumenep, ada baiknya berkunjung ke Masjid Agung Sumenep yang memiliki arsitektur indah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.