Indahnya Bukit Kapur Arosbaya di Pulau Madura

Bukit Kapur Arosbaya di Pulau Madura sebenarnya adalah komplek pertambangan batu kapur yang berada di Kecamatan Arosbaya. Sejalan dengan waktu, pertambangan rakyat yang sudah berjalan sejak tahun 1995 ini akhirnya berubah menjadi kawasan obyek wisata bukit kapur Arosbaya yang sangat indah di Pulau Madura.
Wisata Bukit Kapur Arosbaya yang indah.
Wisata Bukit Kapur Arosbaya yang indah.
Sejalan waktu, penambangan batu kapur di Arosbaya semakin luas. Sampai dengan saat ini, luas obyek wisata bukit kapur Arosbaya sudah mencapai 2 hekter. Karena obyek wisata bukit kapur Arosbaya ini berupa gua dan lorong-lorong, apabila hendak mengunjunginya sebaiknya dibantu oleh seorang guide lokal.
Pintu masuk kawasan wisata bukit kapur Arosbaya di Bangkalan.
Pintu masuk kawasan wisata bukit kapur Arosbaya di Bangkalan.
Untuk menuju ke Gua Arosbaya dari arah Surabaya, setelah Jembatan Suramadu, arahkan kendaraan ke arah Bangkalan. Dari Bangkalan masih dilanjutkan menuju arah Kecamatan Arosbaya. Setelah melewati Kecamatan Arosbaya, selanjutnya carilah arah menuju ke Pemakaman Air Mata.

Alamat obyek wisata bukit kapur Arosbaya berada di Desa Berbelluk Kecamatan  Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Koordinat bukit kapur Arosbaya tepatnya berada pada titik S6.947413, E112.859534.

Untuk lebih memudahkan menemukan lokasi obyek wisata bukit kapur Arosbaya, dapat dilihat pada google maps berikut.

Sampai ke Pamakaman Air Mata, kondisi jalan beraspal hotmix. Tetapi setelah melewati pemakaman menuju ke Bukit Pelalangan Arosbaya, jalan sangat sempit hanya cukup untuk 1 mobil saja. Setiap ada persimpangan atau belokan sebaiknya membunyikan klakson.

Untuk menghindari sulitnya akses ke Gua Arosbaya, mobil dapat parkir di Pemakaman Air Mata. Selanjutnya berjalan kaki saja menuju ke bukit kapur Arosbaya. Jarak dari Pemakaman Air Mata ke Gua Arosbaya hanya beberapa ratus meter saja.

Pengunjung gua Arosbaya begitu memasuki kawasan penambangan kapur, seperti diajak berjalan masuk lorong diapit bukit kapur.  Kondisi jalan dan sekeliling gua Arosbaya ini seolah berada di zaman batu atau zaman Flinstone.

Semakin masuk ke dalam memasuki ke dalam rongga atau goa bukit, suasana zaman gothic semakin sangat terasa. Penggalian bukit pasir ini seolah sedang merancang dan  membangun candi yang berada di dalam tanah. Interior ruang yang tinggi dan luas, dengan warna dan kesan yang gelap memberikan sensasi tersendiri kepada pengunjung.
ROL yang indah di dalam bukit pasir Arosbaya.
ROL yang indah di dalam bukit pasir Arosbaya.
Agar mendapatkan ray of light (ROL) yang indah, datanglah tepat pada pukul 9 pagi. Ketika pagi hari, sinar matahari jatuh miring masuk ke dalam gua Arosbaya sehingga membuat semakin dramatis suasana di dalam gua.
Ruangan yang besar di dalam gua Arosbaya.
Ruangan yang besar di dalam gua Arosbaya.
Ruangan lain di dalam gua Arosbaya yang masih terdapat ROL.
Ruangan lain di dalam gua Arosbaya yang masih terdapat ROL.
Bukit kapur di Arosbaya ini memiliki kadar besi yang tinggi. Karena memiliki kadar besi yang tinggi, batuan kapur di Arosbaya berwarna lebih kemerahan. Warna merah ini semakin membuat eksotis gua Arosbaya.
Gua-gua di bukit pasir Arosbaya.
Gua-gua di bukit pasir Arosbaya.
Jalan  masuk ke kawasan wisata Bukit Kapur Arosbaya.
Jalan  masuk ke kawasan wisata Bukit Kapur Arosbaya.
Lorong di dalam gua Arosbaya.
Lorong di dalam gua Arosbaya.
Warna kemerahan yang mendominasi bukit kapur Arosbaya.
Warna kemerahan yang mendominasi bukit kapur Arosbaya.
Ketika berwisata ke gua Arosbaya, pengunjung harus hati-hati. Hal ini karena proses penambangan masih berjalan dan terkadang ada mobil yang mengangkut hasil tambang kapur. Selain itu, karena memasuki lorong dan gua, waspada juga terhadap risiko terjadi longsor atau batu yang jatuh.

Nampaknya gua Arosbaya ini masih perlu sentuhan lebih serius karena sampai saat ini masih dikelola oleh penduduk setempat. Meskipun demikian, kalau wisata ke Pulau Madura sempatkan mampir menikmati indahnya bukit kapur dan gua Arosbaya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Indahnya Bukit Kapur Arosbaya di Pulau Madura"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini