Kenapa Harus Ada OSPEK ?

OSPEK itu apa sih ?. Mungkin mahasiswa sekarang sudah gak mengenal apa itu OSPEK. Karena memang istilahnya sudah diganti atau memang malah sudah gak diizinkan lagi ada OSPEK di kampus. Saya koq ya heran ya kenapa kalau OSPEK dihapuskan.
Foto ketika kami OSPEK di Fahuntan dulu, ini adalah Bina Corps Rimbawan di Gunung Walat-Sukabumi. Foto : Istimewa by Novie Nurhayati.
Foto ketika kami OSPEK di Fahutan dulu, ini adalah Bina Corps Rimbawan
di Gunung Walat-Sukabumi. Foto : Istimewa by Novie Nurhayati.
Kalau saya nanya ke kawan-kawan yang kurang lebih seangkatan atau lebih tua dengan pertanyaan, apakah OSPEK masih diperlukan ?. Sepertinya hampir semua akan menjawab kalau OSPEK itu masih penting.

Tetapi sebenarnya pertanyaan tadi itu  jawabannya bisa iya bisa tidak. Terutama bagi yang pernah merasakan OSPEK yang gak manusiawi hehehe....

Sebenarnya Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK sebenarnya merupakan hal yang penting buat mahasiswa baru ketika masuk perguruan tinggi. OSPEK yang memiliki banyak kegiatan merupakan wahana untuk pembentukan karakter bagi seorang mahasiswa baru. Selain itu, OSPEK juga memberikan gambaran atau menambah wawasan tentang kegiatan kemahasiswaan, kegiatan belajar mengajar, dan tentunya mengenal lingkungan baru di kampus sehingga mahasiswa lebih mengenal kampusnya.

Berdasarkan referensi dari beberapa buku panduan OSPEK, ternyata memiliki beberapa tujuan baik lho, diantaranya :
  • Untuk mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  • Dalam rangka menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  • Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  • Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  • Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  • Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
Apabila melihat tujuan baik OSPEK seperti di atas, harusnya gak ada penyimpangan atau OSPEK yang dianggap gak manusiawi.

Tetapi permasalahnya ternyata adalah ada kalanya kegiatan OSPEK di Indonesia sering kali diisi oleh kekerasan dalam bentuk verbal dan bahkan tidak jarang terjadi kekerasan fisik. Dengan konsep junior harus patuh kepada senior, apapun perintahnya. Sehingga sering kali para peserta OSPEK mengenakan pakaian dan kostum yang tidak wajar bahkan harus mau menerima hukuman fisik dari senior.

Para orang tua mahasiswa yang peduli, tentu sangat mengkritik kegiatan OSPEK. Apapun dalih tujuan dari OSPEK. Kadang OSPEK dianggap sebagai media balas dendam para senior akan pengalamannya ketika mereka mengikuti kegiatan OSPEK.

Tetapi, terlepas dari kontroversi OSPEK, saya masih merasa kalau OSPKE masih dilaksanakan di kampus. Paling tidak, kejadian ketika saya berkunjung ke salah satu PTN di Bandung dan saya nyasar di dalam kampus bisa dijadikan contoh.

Ketika saya menanyakan lokasi salah satu gedung fakultas di sana, beberapa kali saya bertanya ke orang (yang saya  kira mahasiswa) semua menjawab : "tidak tahu".

Karena emang saya tukang iseng, kumat deh keisengan saya. Meskpun saya sudah tahu di mana posisi masjid dan sangat dekat hanya berjarak paling 20 meter saja. Saya nanya ke salah seorang mahasiswa di sana, dan dijawab sama dia "tidak tahu Pak ..."

Dua kejadian tersebut membuat saya gregetan, mahasiswa itu emang gak tahu atau dia gak perduli dengan lingkungan sekitar ? Parah banget deh...

Dua kejadian menyebalkan itu membuat saya berpendapat kalau OSPEK harus tetap dilaksanakan terlepas dari berbagai kontroversi yang ada.

Komentarnya ditunggu ya, terutama bagi calon mahasiswa baru yang akan segera masuk ke lingkungan kampus di manapun kuliahnhya. Atau orang tua yang takut anaknya kenapa-kenapa ketika OSPEK.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Kenapa Harus Ada OSPEK ?"

  1. Kenapa harus ada ospek agar ada pembinaan....cocoana senior ngerjain yuniornya
    Wkwkwkkk

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini