Nikmatnya Buah Siwalan yang Memiliki Banyak Khasiat

Mungkin banyak yang tidak tahu apa itu buah Siwalan itu. Termasuk saya juga awalnya tidak tahu apa itu buah Siwalan. Kenapa saya menulis artikel tentang manfaat buah Siwalan ini ?. Awalnya karena penasaran saja ketika traveling ke Sumenep Pulau Madura banyak yang jualan buah di dalam plastik yang bentuknya aneh.
Penjual Buah Siwalan yang banyak terdapat di Sumenep Pulau Madura.
Penjual Buah Siwalan yang banyak terdapat di Sumenep Pulau Madura.
Ketika traveling keliling Pulau Madura, di jalan utama sebelum masuk Sumenep, saya melihat banyak warung pinggir jalan yang menjual sesuatu yang dibungkus di dalam plastik dan minuman berwarna putih di dalam kemasan air mineral 500 ml. Karena penasaran, saya nanya ke penjualnya. Menurut penjual, yang dibungkus plastik adalah Buah Siwalan dan yang dikemas di botol air mineral adalah minuman Legen.

Menurut masyarakat, buah Siwalan yang dijual berasal dari buah Pohon Lontar yang masih muda. Sedangkan minuman Legen dibuat dari air nira yang disadap dari tandan buah pohon Nira.

Nampaknya ini memang sudah semacam hukum alam, pohon Nira biasanya memang tumbuh di daerah kering dan beriklim panas. Buah Siwalan dan minuman Legen ini adalah makanan dan minuman sebagai pelepas dahaga yang paling efektif. Rasanya sangat manis dan segar.

Buah Siwalan ini daging buahnya berwarna putih bening sedikit kenyal, manis dan berair. Untuk memakannya, lapisan tipis putihnya harus dibuang. Soalnya apabila termakan akan berasa sedikit pahit.

Pohon Lontar penghasil buah Siwalan mirip Kelapa atau  Palem Raja. Tinggi phon Lontar bisa mencapai puluhan meter.

Buah Siwalan dan air Legen ini adalah kombinasi yang pas ketika traveling ke daerah panas. Ketika mengkonsumsi keduanya, rasa dahaga yang menyengat dapat hilang seketika.

Konon katanya menurut penjualnya, minuman Legen ini selain penghilang dahaga yang efektif juga memiliki khasiat menggantian cairan tubuh yang keluar. Buah Siwalan ini bersifat isotonis.

Selain itu, khasiat minuman Legen juga mampu memperbaiki fungsi ginjal, mengatasi gejala impotensi dan meningkatkan produksi sperma.

Mengkonsumsi buah Siwalan dan minum Legen ini dapat memulihkan stamina yang mulai menurun.

Bagi travelers yang melintasi pesisir Utara Jawa Timur atau Pulau Madura pasti banyak menemukan penjual buah Siwalan dan minuman Legen. Untuk menghilangkan haus dan dahaga tidak ada salahnya mencoba menikmati buah Siwalan dan minuman Legen yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nikmatnya Buah Siwalan yang Memiliki Banyak Khasiat"

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini