Nikmatnya Secangkir Kopi Luwak

Kopi luwak adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Penggemar kopi meyakini kalau biji kopi luwak diyakini memiliki rasa dan aroma yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Karena terbatasnya ketersediaan kopi luwak, membuat biji kopi ini harganya mahal. Biji kopi luwak adalah kopi termahal di dunia, konon harganya mencapai 100 USD per 450 gram.
Secangkir kopi luwak yang nikmat.
Secangkir kopi luwak yang nikmat.
Binatang luwak atau lengkapnya musang luwak, sangat senang memakan buah-buahan yang cukup baik dan masak, termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak mengandalkan indera penciumannya yang peka untuk memilih buah kopi terbaik yang sudah benar-benar matang sebagai makanannya.

Karena luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, makanan yang keras seperti biji kopi tidak dapat dicerna. Biji kopi yang masih dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi inilah yang dipungut kemudian dicuci bersih.

Biji kopi luwak hasil fermentasi alami di dalam sistem pencernaan luwak banyak diburu petani dan penggemar kopi. Hal ini karena binatang luwak dipastikan memilih buah kopi yang terbaik untuk dimakan.

Aroma dan rasa kopi luwak memang sangat spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi. Harga secangkir kopi luwak kualitas ekspor sangat mahal.

Cara menyeduh kopi luwak secara tradisional cukup mudah. Untuk membuat secangkir kopi luwak yang nikmat, cukup menggunakan 1 sendok teh kopi bubuk atau menurut selera.  Didihkan secangkir air, kemudian ketika hampir mendidih, tuangk ke cangkir sampir kurang lebih merendam kopi sekitar 2 cm.

Selanjutnya didihkan kembali air sisanya sampai mendidih betul. Setelah itu, tuang sampai hampir penuh.

Kopi luwak lebih nikmat apabila dinikmati tanpa gula. Namun demikian dapat ditambahkan gula sesuai dengan selera.

Cara yang lebih modern adalah menyeduh kopi luwak menggunakan coffee maker. Menyeduh secangkir kopi luwak menggunakan coffee maker tentunya lebih praktis. Rasa dan aroma kopi luwaknya masih akan terasa nikmat.

Hmmm, terbayang kan nikmatnya secangkir kopi luwak ?.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nikmatnya Secangkir Kopi Luwak"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini