Sejuknya Curug Badak di Lereng Gunung Galunggung yang Masih Perawan

Kabupaten Tasikmalaya ternyata memiliki belasan atau malah mungkin puluhan curug. Setelah sempat terkenal di kalangan ahli Geografi dengan julukan kota sepuluh ribu bukit atau ten thausand hills, nampaknya tidak berlebihan kalau Tasikmalaya juga dijuluki sebagai Surga Curug Alam. Salah satu curug yang masih alami dan masih perawan adalah Curug Badak
Curug Badak yang memiliki air dan udara segar alami dan masih perawan.
Curug Badak yang memiliki air dan udara segar alami dan masih perawan.
Apa ya hubungannya dengan Badak ? Karena ternyatad di Tasikmalaya ada juga nama daerah Badak Paeh ?.  Apakah ada hubungannya dengan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)?. Badak Jawa atau Badak bercula satu memang salah satu habitatnya adalah Pulau Jawa. Tetapi ternyata ditelusuri di referensi, habitat Badak Jawa adalah di Taman Nasional Ujung Kulon dan tidak ada di Tasikmalaya.

Sepertinya memang tidak ada hubungannya dengan Badak Jawa deh hehehe... Mungkin diberikan nama Curug Badak karena ternyata disekitarnya didominasi oleh batuan andesit yang permukaannya mirip kulit Badak Jawa.
Permukaan batu andesit di Curug Badak yang menyerupai kulit Badak.
Permukaan batu andesit di Curug Badak yang menyerupai kulit Badak.
Jika melihat kondisi alam Curug Badak, nampaknya hanya tinggal dipoles sedikit akan menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Tasikmalaya. Tetapi sayang sekali sepertinya belum dikelola secara serius.

Kabupaten Tasikmalaya memang menyimpan potensi wisata alam yang potensial. Selain memiliki Wisata Alam Gunung Galunggung, ternyata di sekitarnya juga terdapat beberapa curug yang masih perawan yang belum dijamah pengembangan wisata.

Alamat Curug Badak ini berada di Kampung Cicurug, Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Koordinat Curug Badak tepatnya berada pada titik S7.25150 E108.11214.
Gapura masuk Kampung Curug.
Gapura masuk Kampung Curug.
Untuk memudahkan menemukan lokasi Curug Badak, dapat melihat google maps berikut.
Lokasi Curug Badak ini berada dekat sekali dengan Curug Gado Bangkong. Artinya jika berkunjung ke Curug Gado Bangkong mending sekalian berkunjung juga ke Curug Badak, karena sudah sangat dekat.
Curug Gado Bangkong terlihat dari jalan setapak menuju ke Curug Badak.
Curug Gado Bangkong terlihat dari jalan setapak menuju ke Curug Badak.
Untuk menuju ke Curug Badak ini melewati perbukitan, lembah dan jalan setapak di tengah sawah. Meskipun demikian, kelelahan akan terbayar dengan indahnya panorama di sepanjang jalan menuju ke Curug Badak.

Untuk penggemar fotografi, jangan ragu untuk mengabiskan shutter di sekitar Curug Badak karena akan banyak sekali subyek fotografi yang menarik. Curug Badak akan memanjakan fotografer yang memiliki minat hunting landscape.
Gunung Galunggung nampak indah di kejauhan.
View Gunung Galunggung dilihat dari Kecamatan Sukaratu Tasikmalaya.
Sayang sekali Curug Badak ini belum memiliki fasilitas apapun. Sepertinya memang Curug Badak ini belum begitu mendapat perhatian. Padahal keindahan dan kejernihan airnya tidak ada duanya. Kondisi ini sangat berbeda Curug Gado Bangkong yang sudah memiliki fasilitas MCK dan tempat parkir,
Jernihnya air di Curug Badak Tasikmalaya.
Jernihnya air di Curug Badak Tasikmalaya.
Terdapat batu andesit sebesar gedug bertingkat di Curug Badak.
Batu andesit sebesar gedug bertingkat di Curug Badak Tasikmalaya. 
Jurang yang sangat dalam di Curug Badak.
Jurang yang sangat dalam di Curug Badak.
Apabila berkunjung ke Gunung Galunggung selain wisata kuliner dan wisata belanja, jangan lupa untuk mampir menikmati sejuknya Curug Badak di Lereng Gunung Galunggung yang masih perawan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejuknya Curug Badak di Lereng Gunung Galunggung yang Masih Perawan"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini