Taman Bungkul, Ruang Terbuka Hijau Kebanggaan Surabaya

Kota Surabaya terkenal karena memiliki banyak taman yang indah. Diantaranya taman-taman yang indah dan terkenal di Kota Pahlawan Surabaya ini adalah : Taman Dolog atau Taman Pelangi, Kebun Bibit atau Taman Flora, Taman Prestasi, Taman Biliton atau lebih dikenal sebagai Taman Lansia, Taman Undaan, dan Taman Bungkul.
Taman Bungkul, RTH kebanggaan warga Kota Surabaya.
Taman Bungkul, RTH kebanggaan warga Kota Surabaya.
Taman Bungkul ini adalah taman yang paling terkenal dan populer di Surabaya. Taman Bungkul meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013.

Taman Bungkul adalah taman wisata kota gratis yang berada di pusat kota Surabaya. Alamat Taman Bungkul berada di Jalan Raya Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya. Koordinat Taman Bungkul tepatnya berada pada titik S7.291377, E112.739604.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Taman Bungkul, dapat dilihat pada google maps berikut.
Meskipun luas Taman Bungkul hanya sekitar 900 m2 tetapi dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, seperti amfiteater dengan diameter 33 m, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur. Selain itu, taman ini juga difasilitasi dengan akses internet gratis nirkabel atau wifi gratis.

Apabila pengunjung Taman Bungkul memerlukan makanan dan minuman, dapat wisata kuliner di bagian belakang Taman Bungkul. PKL ditata dengan baik di halaman belakang Taman Bungkul. Apabila hanya sekedar minum air putih, Taman Bungkul telah dilengkapi dengan kran air minum gratis yang tersebar di dalam taman.
Panorama view Taman Bungkul Surabaya.
Panorama view Taman Bungkul Surabaya.
Dengan kondisi yang nyaman ini, Taman Bungkul menjadi tempat wisata gratis bagi warga Kota Surabaya. Tidak salah apabila Taman Bungkul menjadi kebanggaan warga Kota Surabaya.

Karena lengkapnya fasilitas Taman Bungkul, taman ini selalu dipenuhi pengunjung dari pagi hingga malam hari. Banyak komunitas kreatif Kota Surabaya berkumpul di Taman Bungkul.
Taman Bungkul tempat yang bagus buat seldie dan berkumpul komunitas.
Taman Bungkul tempat yang bagus buat seldie dan berkumpul komunitas.
Asal mula nama Taman Bungkul memang tidak lepas dari nama seorang tokoh yang sangat terkenal penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Beliau adalah Ki Ageng Supo yang mendapat gelar Sunan Bungkul atau lebih dikenal dengan nama Mbah Bungkul.

Mbah Bungkul ini adalah seorang ulama di kerajaan Majapahit (abad XV), yang juga masih saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Makam Mbah Bungkul ini terdapat di belakang taman. Sampai dengan sekarang, makam Mbah Bungkul masih banyak didatangi peziarah.
Makam Ki Ageng Bungkul di kawasan religi Taman Bungkul Surabaya.
Makam Ki Ageng Bungkul di kawasan religi Taman Bungkul Surabaya.
Gapura menuju Makam Ki Ageng Bungkul.
Gapura menuju Makam Ki Ageng Bungkul.
Masjid di dalam kompleks Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya.
Masjid di dalam kompleks Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya.
Keindahan Taman Bungkul ini selalu terpelihara dan terjaga. Sehingga merupakan salah satu spot fotografi menarik di Kota Surabaya. Kalau berkunjung ke Kota Surabaya, cobalah sempatkan mampir ke Taman Bungkul.

Karena lengkapnya fasilititas dan memperoleh penghargaan dunia, maka tidak salah kalau Taman Bungkul merupakan Ruang Terbuka Hijau Kebanggan warga Kota Surabaya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Taman Bungkul, Ruang Terbuka Hijau Kebanggaan Surabaya"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini