Tips Berwisata ke Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih

Wisata ke bukit kapur di Bangkalan Pulau Madura, sekarang ini sedang menjadi trending topic di media sosial. Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih merupakan tempat paling instagramable di Pulau Madura. Meskipun sudah menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Bangkalan Madura tetapi karena merupakan tempat galian kapur yang masih berjalan, perlu kahati-hatian jika berkunjung ke bukit kapur di Bangkalan.
Salah satu sudut Bukit Kapur Arosbaya yang penuh warna.
Salah satu sudut Bukit Kapur Arosbaya yang penuh warna.
Sebagai gambaran, kondisi Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih adalah penambangan kapur yang masih berjalan. Kegiatan penambangan masih berjalan secara tradisional. Kendaran pengangkut hasil galian  masih hilir mudik di area wisata Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih.

Ketika berkunjung ke Bukit Arosbaya, wisatawan memang akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Galian bukit kapur seolah seperti dipahat menyerupai candi. Pengujung masuk ke area wisata seluas 2 hektar yang terdiri dari lorong-lorong dan gua. Makanya Bukit Arosbaya juga dikenal sebagai Gua Arosbaya.
Keindahan ROL di Gua Arosbaya.
Keindahan ROL di Gua Arosbaya.
Sementara itu kondisi Bukit Jaddih tidak jauh berbeda dengan di Bukit Arosbaya. Kegiatan penambangan masih berjalan. Tambahan risiko di Bukit Jaddih adalah terdapat Danau Biru dan Kolam Renang Gua Pote di kawasan penambangan.
Obyek wisata Bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura.
Obyek wisata Bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura.
Agar terhindar dari kecelakaan dan mendapatkan foto yang indah di bukit kapur di Bangkalan ini, berikut ini adalah tips berwisata ke Bukit Arobaya dan Bukit Jaddih.

Usahakan berkunjung di pagi hari
Bukit Jaddih akan sangat panas dan terik di siang hari. Jadi waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Jaddih adalah antara jam 7-8 pagi. Nampaknya 1 jam cukup untuk mengeksplorasi Bukit Jaddih.

Jam 8 pagi dilanjutkan ke Gua Arosbaya. Waktu yang paling tepat agar mendapatkan ROL yang indah di Gua Arosbaya adalah pukul 9 pagi. Pada pukul 9 pagi, kemiringan sinar matahari pada sudut yang paling pas agar menghasilkan ROL yang indah di Bukit Arosbaya.

Setelah jam 9 pagi dapat dilanjutkan dengan mengeksplorasi spot foto di Bukit Pasir Arosbaya.

Membawa topi atau payung dan masker
Kondisi lapangan yang agak kurang nyaman adalah di Bukit Jaddih. Kondisinya sangat terik dan berdebu. Jadi sebaiknya memakai topi atau payung plus mengenakan masker.

Sedangkan kondisi Bukit Arosbaya karena memasuki lorong dan gua, dikhawatirkan ada longsoran batu. Sebenarnya agar keselamatan lebih terjaga, sebaiknya menggunakan helm tambang agar apabila terjadi longsoran batu akan mengurangi risiko kecelakaan.

Kenakan baju yang kontras
Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih ini didominasi warna putih, jadi sebaiknya memakai baju berwarna oranye atau merah atau kuning. Apabila memakai baju warna putih, akan kurang pas dengan warna latar belakang yang putih.

Pastikan rute jalan yang akan ditempuh
Rute menuju ke Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih sebenarnya mudah dicari. Carilah patokan ke arah Bangkalan. Tetapi rute dari Bangkalan ke lokasi obyek wisata bukit kapur ini melewati jalan kecil dan banyak rute.

Gunakan guide lokal
Karena memang areal bahaya penambangan, maka memakai local guide yang paham kondisi setempat adalah suatu keharusan. Guide lokal ini biasanya ada di sekitar obyek wisata bukit kapur Bangkalan.
Saya ditemani guide lokal di Bukit Kapur Arosbaya.
Saya ditemani guide lokal di Bukit Kapur Arosbaya.
Biaya untuk guide lokal ini sukarela tidak ada tarifnya. Ketika saya berkunjung ke sana, guide lokal saya kasih tips sebesar Rp 25.000 per lokasi.

Parkir di tempat yang tepat
Untuk mengamankan mobil, pastikan parkir di tempat yang aman. Apalagi di Bukit Arosbaya, usahakan parkir agak jauh dari tebing untuk menghindari mobil tertimpa jatuhan batu dari atas bukit kapur.
Tarif parkir di Bukit Kapur Arosbaya, Mobil Rp 20 ribu, motor Rp 3 ribu.
Tarif parkir di Bukit Kapur Arosbaya, Mobil Rp 20 ribu, motor Rp 3 ribu.
Selain itu, jangan kaget apabila tarif parkirnya mahal. Hal ini wajar karena memang obyek wisata bukit kapur ini adalah tanah milik pribadi.

Itulah beberapa tips berwisata ke Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih. Selamat menikmati pesona alam Kabupaten Bangkalan Madura.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Berwisata ke Bukit Arosbaya dan Bukit Jaddih"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini