Tips Mengemudi Ketika Traveling Jarak Jauh

Untuk menghilangkan kepenatan karena pekerjaan, cara yang baik adalah berlibur. Berlibur dalam kota nampaknya sudah mulai bosan. Hal ini karena memang sering dikunjungi atau karena liburan dalam kota malah membuat stress karena kondisi lalu lintas yang macet. Karena kondisi itulah, traveling ke luar kota nampaknya menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.
Traveling ke Pegunungan Dieng bersama keluarga.
Traveling ke Pegunungan Dieng bersama keluarga.
Traveling ke luar kota dengan jarak yang cukup jauh apabila menggunakan kereta api atau pesawat terbang sebenarnya akan sangat mengirit waktu. Tetapi apabila ingin berlibur dengan anggaran yang terbatas, pilihan traveling ke luar kota membawa mobil dengan menyetir sendiri adalah alternatif yang paling ekonomis.

Tetapi bagi sebagian orang, menyetir dengan jarak yang cukup jauh itu sangat tidak menyenangkan. Akan terasa lelah ketika sampai ke destinasi wisata.

Nah, agar traveling ke luar kota dengan menyetir sendiri terasa menyenangkan, berikut ini adalah beberapa tips mengemudi ketika traveling jarak jauh.

Pastikan mobil dalam kondisi baik
Sebelum dipakai traveling, pastikan mobil dalam kondisi baik. Apabila tidak bisa memeriksa sendiri, sebaiknya dibawa ke bengkel untuk memerikasa mesin, ban, rem, lampu-lampu dan kelistrikan. Hal lain uang tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan dan peralatan darurat mobil, misalnya : ban cadangan, dongkrak, kotak P3K, dan segitiga pengaman.

Jangan lupa STNK dan Buku Kir jika double cabin dan SIM
Apabila sedang traveling, berurusan dengan Polisi Lalu Lintas tentunya sangat tidak menyenangkan. Supaya tidak terkena razia ketika traveling, pastikan surat-surat mobil dibawa, dari mulai STNK, SIM sampai buku kir jika mobil double cabin.

Selain itu, pastikan mematuhi semua rambu lalu lintas. Selain untuk keselamatan mengemudi selama traveling, juga mengindari ditilang karena melanggar rambu lalu lintas. Pastinya akan sangat merepotkan apabila ditilang di luar kota.

Pastikan skill mengemudi baik
Sebenarnya apabila sudah memiliki SIM seharusnya sudah memiliki skill mengemudi yang baik. Tetapi ternyata tidak semua yang memiliki SIM memiliki kemampuan mengemudi yang baik.

Demi keselamatan traveling, pastikan hanya memiliki kemampuan menyetir yang baik apabila traveling ke luar kota dalam jarak yang cukup jauh. Karena mungkin akan melewat jalan dengan geometri berkelok atau topografi berat.

Persiapkan rencana rute yang akan dilewati
Agar traveling berjalan sesuai dengan rencana dan tidak tersesat. Dari awal persiapkan rute traveling. Akan lebih bagus dipersiapkan rute traveling  menggunakan gps.

Menyusun rute traveling menggunakan gps akan sangat memudahkan ketika mengemudi. Karena gps akan memandu kita sampai ke tujuan.
Ilustrasi rencana rute traveling Tasikmalaya-Ujung Genteng
Ilustrasi rencana rute traveling Tasikmalaya-Ujung Genteng.
Malah pada gps tertentu, dilengkapi dengan peringatan bahaya, misalnya ketika akan melintasi lampu merah atau perlintasan kereta. Peringatan bahaya gps ini akan sangat membantu ketika traveling malam hari.

Akan lebih baik lagi jika sudah menyusun itinerary secara lengkap.

Sesuaikan mobil dengan perkiraan track yang akan dilewati
Setelah ditentukan rute traveling, akan tergambarkan bagaimana kondisi track rute yang akan dilewati. Apabila traveling dengan jarak yang cukup jauh, misalnya di atas 500 km, harus dipastikan benar bagaimana kondisi jalan yang akan dilewati. Apakah topografi ringan atau berat, apakah jalan beraspal mulus atau jalan tidak beraspal, apakah ada risiko banjir atau genangan air.

Apabila traveling ke destinasi wisata yang melewati jalan mulus dan kondisi topografi ringan sampai sedang, pilihan menggunakan sedan nampaknya masih  memungkinkan. Traveling menggunakan sedan akan terasa lebih nyaman, mengingat suspensi dan kenyamanan sedan.

Tetapi yang jadi masalah adalah ketika melewati jalan dengan kondisi topografi berat. Meskipun beraspal mulut tetapi kalau melewati tanjakan dengan topografi berat, akan sedikit menyulitkan. Hal ini karena sedan menggunakan penggerak roda depan (FWD)
Apabila rencana rute melewati jalan mulus, traveling menggunakan sedan lebih nyaman.
Apabila rencana rute melewati jalan mulus, traveling menggunakan sedan lebih nyaman.
Ketika rencana rute traveling melewati track dengan kondisi berat, akan lebih nyaman apabila menggunakan mobil dengan penggerak roda belakang (RWD). Meskipun kondisi jalan baik tetapi apabila menemui tanjakan curam, traveling menggunakan MPV dengan cc mesin besar akan lebih nyaman.
Trip ke Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa (2300 m dpl)
Traveling ke pegunungan jika kondisi jalan baik cukup menggunakan MPV.
Nah, kondisi yang lebih ekstrim adalah ketika traveling di musim hujan. Ketika liburan anak dan musim hujan terkadang terpaksa traveling juga karena waktu liburan. Kondisi musim hujan ini kemungkinan akan ada banjir atau genangan di destinasi wisata.

Ketika ada kemungkinan rute traveling terendam banjir, menggunakan mobil berpenggerak ganda (4WD) akan lebih aman dan nyaman. Tidak ada risiko terendam atau slip.
Kondisi banjir di jalan rute traveling memerlukan mobil yang memiliki ground clearance tinggi.
Kondisi banjir di jalan rute traveling memerlukan mobil yang memiliki ground clearance tinggi.
Menggunakan SUV atau mobil penggerak ganda (4WD) lebih baik.
Pilihan menggunakan sedan atau MPV atau SUV tidak terlalu mengikat. Hal ini tentunya tergantung mobil yang dimiliki. Memang traveling menggunakan sedan lebih berisiko. Tetapi memiliki mobil SUV berpenggerak ganda tidak lah murah.

Alternatif yang bisa dipilih adalah traveling menggunakan sedan atau MPV tetapi jika menemui medan berat bisa rental mobil double gardan saja.

Perhatikan musim dan kondisi cuaca
Waktu yang tepat untuk traveling out door, adalah ketika musim kemarau. Musim kemarau ini bisanya sekitar bulan Agustus. Tetepi nampaknya kondisi musim dan cuaca sekarang ini tidak bisa diprediksi.

Kalau kondisi musim kan relatif panjang. Jadi, ketika musim hujan dengan curah hujan tinggi, sebaiknya tidak memaksakan traveling out door. Ketika traveling musim hujan, pilihlah distinasi wisata indoor saja.
Prakiraan hujan ringan
Prakiraan hujan ringan
Sedangkan cuaca adalah kondisi dalam jangka waktu lebih pendek, misalnya mendung atau hujan singkat. Kondisi cuaca ini lebih sulit diprediksi karena kondisinya lebih singkat dan bisa berubah dengan sangat cepat.

Untuk mengantisipasi traveling terganggu cuaca, hal yang dapat dilakukan adalah memperhatikan prakiraan cuaca yang dirilis oleh BMKG. Di situs BMKG, kita bisa melihat kondisi cuaca dari mulai penutupan awan sampai curah hujan.

Dengan memperhatikan prakiraan cuaca dari BMKG diharapkan traveling dapat lebih nyaman dengan menghindari destinasi wisata bercuaca buruk.

Mengemudilah dengan aman
Traveling jarak jauh tentunya akan melelahkan bagi pengemudi. Alternatifnya adalah menggunakan jasa driver. Tetapi tidak semua traveler senang menggunakan jasa driver. Alasannya adalah sederhana, yang pasti adalah harus ada biasa driver dan yang kedua akan mengganggu privacy.

Jika traveling menyetir sendiri, menyetir yang aman adalah selalu cukup waktu untuk istirahat. Usahakan mengemudi hanya siang hari. Selain itu , sempatkan istirahat apabila sudah menyetir sekitar 3-4 jam. Meskipun baru menyetir 1 jam tetapi mengantuk jangan dipaksakan.

Menyetirlah dengan waspada dan hati-hati
Kendaraan luar kota biasanya berkecepatan tinggi. Usahakan kecepatan menyetir menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Terlalu pelan jangan terlalu cepat juga jangan.

Kalau menurut saya menyetirlah dengan kecepatan secepat yang memungkinkan. Artinya jika kondisi jalan memungkinkan dan lalu lintas tidak padat, kecepatan tinggi pun tidak masalah. Hal ini karena memang untuk mengurangi waktu terbuang di jalan. Tujuan traveling adalah menghabiskan waktu di destinasi wisata bukan di perjalanan.

Itulah tips mengemudi ketika traveling jarak jauh.

Selamat menikmati liburan Anda ....

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengemudi Ketika Traveling Jarak Jauh"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini