Tips Traveling di Musim Hujan

Secara sederhana, musim adalah kondisi cuaca yang panjang. Misalnya cuaca hujan yang terus menerus dikatakan musim hujan. Biasanya musim hujan berlangsung antara bulan yang nama bulannya ujugnya ber. Dalam kondisi norma, biasanya musim hujan dimulai bulan September dan akhir musim hujan pada bulan Maret. Yang jadi masalah adalah sekarang ini musim sudah tidak bisa ditebak.

Dan liburan akhir tahun di bulan Desember itu biasanya memang musim hujan. Dalam kondisi tertentu, musim hujan akan membatasi mobilitas ketika traveling. Oleh sebab itu, persiapan traveling di musim hujan harus benar-benar matang.
Banjir adalah potensi bencana yang paling sering terjadi ketika musim hujan.
Banjir adalah potensi bencana yang paling sering terjadi ketika musim hujan.
Bagaimana supaya kita bisa menikmati liburan di musim hujan ?. Agar bisa menikmati liburan di musim hujan, silahkan simak tips traveling di musim hujan ya.

Susun itinerary selengkap-lengkapnya
Ketika traveling menyusun itinerary sangat penting. Karena itinerary berisi destinasi wisata dan waktu di masing-masing tujuan. Itu adalah isi itinerary minimal.

Buat list destinasi wisata selengkap mungkin. Selanjutnya kelompokkan berdasarkan kedekatan lokasi atau berada di rute yang sama. Hal ini bertujuan agar tidak banyak membuang waktu di jalan.

Setelah dikelompokkan, urutkan di masing-masing kedekatan lokasi berdasarkan prioritas yang akan dikunjungi. Urutan yang paling bawah, adalah destinasi wisata yang paling dulu dibatalkan apabila ada hambatan karena hujan.

Identifikasi potensi risiko bahaya
Ketika musim hujan, potensi risiko bahaya biasanya mengancam adalah bencana alam. Bencana alam yang mengancam ketika traveling di musim hujan adalah diantaranya : bencana banjir, bencana tanah longsor atau yang sejenisnya.

Informasi terkait bencana alam ini bisa diperoleh  di media sosial seperti twitter atau facebook. Selain itu juga, ternyata situs BMKG atau Badan Penanggulangan Bencana di daerah biasanya merilis informasi tentang kebencanaan.

Semua informasi tentang risiko bahaya ini sebaiknya dicatat dan dikelompokkan menurut destinassi wisata yang akan dikunjungi sesuai itinerary. Sehingga apabila di satu destinasi wisata terlalu banyak potensi bahaya sebaiknya dihindari saja demi keamanan.

Pilih destinasi wisata in door atau di dalam ruangan
Sekarang ini sudah banyak destinasi wisata indoor. Obyek wisata indoor ini tidak terpengaruh oleh hujan. Untuk mengetahui obyek wisata indoor, dapat browsing sebelum traveling.

Booking hotel dengan fasilitas lengkap
Ketika traveling musim hujan, usahakan booking hotel dengan fasilitas lengkap. Hotel kebutuhan tamu hotel akan dipenuhi di sini. Pilihlah hotel yang memiliki kolam renang, tempat bermain anak, restoran, tempat fitness dan dilengkapi dengan jaringan internet wifi gratis dapat dijadikan alternatif.

Semoga tips traveling di musim hujan. Semoga liburannya menyenangkan.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Traveling di Musim Hujan"

  1. Betul gan, terutama yang pilihan destinasi wisata indoor..
    Tapi buat pecinta outdoor akan kurang nyaman kalau harus ke indoor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sama keluarga terpaksa ngalah Gan hehehe

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini