Awal Memulai Hobi Fotografi

Sebelumnya tidak pernah terbayangkan akan memiliki hobi fotografi. Ya, karena memang kamera saja tidak punya. Kalaupun ada cuma kamera saku analog yang masih pakai film. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, lahirlah teknologi kamera digital. Kamera digital ini ternyata membuat hobi fotografi sedikit lebih murah. Mungkin karena adanya kamera digital inilah awal mulainya hobi fotografi.
Hunting sunrise di Bukit Sikunir Dieng, Jawa Tengah.
Hunting sunrise di Bukit Sikunir Dieng, Jawa Tengah.
Dan sepertinya sudah terlambat untuk memulai hobi fotografi karena sudah berumur dan berkeluarga. Karena untuk memulai hobi fotografi, mau tidak mau harus investasi di peralatan fotografi, mulai dari kamera, lensa, flash, filter, tripod, trigger dan sebagainya. Nah, mahalnya peralatan ini setidaknya harus membagi dengan kebutuhan keluarga yang semakin mahal juga.

Tetapi ternyata memang sudah takdir kali ya, harus memiliki hobi fotografi, pada tahun 2005 mendapat beasiswa tugas belajar S2 di ITB. Nah, ketika kuliah itulah ada sedikit tambahan sumber keuangan sehingga bisa terbeli kamera pocket digital. Alasannya simple saja untuk memudahkan dokumentasi banyak tugas kuliah yang memerlukan foto.

Kamera pocket digital inilah yang selalu dibawa ke mana-mana ketika kuliah. Diawali karena iseng, apapun subyeknya, selalu difoto. Beruntung hunting di sekitar kampus ITB banyak sekali yang bisa difoto.
Aula Barat ITB, difoto menggunakan kamera pocket, diedit dengan false color.
Aula Barat ITB, difoto menggunakan kamera pocket, diedit dengan false color.
Difoto pada tahun 2006.
Sejalan dengan hampir selesai kuliah S2, ternyata membuat semakin stress karena tugas kuliah dan persiapan tugas akhir. Karena stress, akhirnya semakin sering jalan di sekitar kampus. Nah, ketika jalan inilah saya semakin sering memotret. Wah, ternyata asyik juga memotret, bisa sedikit melupakan beban perkuliahan yang membuat pusing kepala hehehe.....

Nah, mungkin itulah mungkin awal mula saya memilik hobi fotografi. Berawal dari stress, motret apa saja dan ketagihan karena dapat menghilangkan stress hehehe....
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Awal Memulai Hobi Fotografi"

  1. Yang jelas momen jika dilewatkan tanpa difoto, maka hanya akan menjadi kenangan saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener banget Gan .... sebuah foto menyimpan berjuta makna.

      Delete
  2. Cakep... Mas bagi tipsnya dong,,, mau jadi pothographer juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan fotografer lho, cuma hobi fotografi aja hehehe ... enakan belajar bareng dan hunting bareng hehehe ....

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini