Belajar Menikmati Kopi

Sejak awal saya memang bukan pecandu kopi. Hal ini memang mungkin karena saya tidak merokok. Karena memang kebanyakan perokok biasanya juga adalah peminum kopi. Nah, salah satu penyebab saya mulai menyukai kopi adalah karena saya kembali bekerja di kehutanan. Di tempat kerja baru ini hampir setiap hari ada kopi, jadi-lah saya belajar menikmati rasa kopi.
Ilustrasi secangkir kopi luwak yang konon memiliki rasa dan khasiat tertentu.
Ilustrasi secangkir kopi luwak yang konon memiliki rasa dan khasiat tertentu.
Penyebab kedua saya menjadi suka kopi adalah karena banyak kawan-kawan dan kolega yang ngasih kopi sebagai oleh-oleh buat saya. Oleh-oleh ini tentunya sangat sayang kalau tidak dinikmati. Soalnya makin hari, koleksi kopi bubuk dari seluruh nusantara semakin banyak.

Bukan terpaksa sih, akhirnya saya mulai mencicipi kopi dari berbagai pelosok nusantara ini. Pada mulanya saya hanya menikmati kopi secara tradisional, yaitu dengan membuat kopi tubruk dan ditambah gula.

Kopi tubruk memang adalah cara paling tradisional untuk menikmati kopi. Ada kolega saya yang bilang kalau sebenarnya membuat kopi tubruk itu adalah cara paling macho untuk menikmati kopi hehehe.....

Bertahap saya mulai menyukai aroma wangi kopi. Saya senang mencium bau kopi ketika bubuk kopi dituang ke dalam cangkir dan sesaat setelah kopi diseduh air panas. Baunya khas sekali, meskipun belum bisa membedakan jenis-jenis kopi dari baunya.

Di sinilah awal mula ingin belajar tentang kopi. Mulai bertanya ke kawan dan kolega yang sudah menjadi penikmat kopi. Mulai belajar dari jenis-jenis alat untuk menyeduh kopijenis-jenis kopi, aroma dan rasa kopi berdasarkan jenis kopi, cara menyeduh kopi, dan waktu yang tepat untuk minum kopi.

Langkah belajar menikmati kopi ini tentunya langkah awal untuk bisa menikmati kopi secara serius meskipun tidak mungkin menjadi sekelas barista hehehe... Karena untuk menjadi seorang barista ternyata harus kursus dan belajar lebih serius lagi.

Nah, bagi pembaca, kawan-kawan dan kolega yang memiliki cara unik meminum dan menikmati kopi, silahkan share di komentar ya.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Belajar Menikmati Kopi"

  1. Cara unik saya minum kopi adalah membaca artikel ini sembari nyruput kopi. Nyusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap Gan ... apalagi ditemani ubi rebus atau pisang goreng ... hehehe....

      Delete
  2. Salam dari pecinta kopi manis bung..

    Seperti hidup yang terkadang pahit seperti kopi, tapi bisa diubah menjadi manis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Gan ... baru belajar nih, sharingnya ditunggu ya.
      Tks udah mampir dan komentar.

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini