Beralih ke Kamera DSLR dari Kamera Pocket

Beralih ke Kamera DSLR dari Kamera Pocket

Beralih ke Kamera DSLR dari Kamera Pocket

Setelah hampir lebih dari 2 tahun memotret menggunakan kamera pocket dan kamera HP, akhirnya mulai juga beralih motret menggunakan kamera DSLR. Sebenarnya bukan kamera milik sendiri sih waktu itu, tetapi kamera kantor yang sehari-hari saya yang pake hehehe... Kamera DSLR pertama yang saya gunakan untuk hunting adalah Canon EOS350D. Memang kamera entry level tetapi Kamera Canon EOS350D ini menyimpan banyak cerita.
Beralih ke kamera DSLR setelah hampir 2 tahun hunting menggunakan kamera pocket.
Beralih ke kamera DSLR setelah hampir 2 tahun hunting menggunakan kamera pocket.
Ketika beralih dari kamera pocket ke kamera DSLR memang perlu banyak adaptasi. Mulai dari ukuran yang lebih besar dan bobot yang lebih berat. Tetapi yang paling mengejutkan adalah tentunya harus belajar bagaimana mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada di kamera DSLR. Karena kalau hanya cekrek upload sih udah lebih dari cukup menggunakan kamera pocket atau bahkan cukup kamera hp saja.

Kalau tombol menu dan lainnya sih sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kamera pocket. Yang berbeda adalah ternyata kamera DSLR ada shutter count-nya. Shutter count adalah jumlah jepretan yang selama kamera DSLR tersebut dipakai. Dan ternyata ada batas umur shutter count. Ini kadang yang tidak terlalu disadari oleh yang baru pertama menggunaan kamera DSLR.

Jadi untuk mengirit shutter count, alangkah bijaksananya jika belajar memotret setting manual cukup menggunakan kamera pocket saja. Kamera pocket merk tertentu yang murah meriah juga sudah tersedia menu full manual.

Berhubung ini adalah kamera kantor, saya jadi tidak terlalu peduli dengan shutter count hehehe.... Pokoknya sesering mungkin motret dan melatih insting menggunakan kamera DSLR. Jadi ketika nanti kebeli kamera DSLR, sudah terbiasa dan sudah lebih mahir mengoperasikan kamera DSLR.

Hal yang istimewa dari kamera Canon EOS350D ini adalah tenyata saya sempat mendapat Juara 2 Kontes  Foto Pesona Priangan Timur, National Geographic Indonesia. Hadiahnya cukup lumayan dan bisa kebeli kamera Canon EOS1000D plus lensa kit.
Piagam penghargaan dari National Geographic Indonesia.
Piagam penghargaan dari National Geographic Indonesia.
Pengalaman menggunakan kamera DSLR adalah cukup pahami manual book kamera, itu sudah cukup untuk kemampuan fotografi dasar.
Beralih ke Kamera DSLR dari Kamera Pocket Beralih ke Kamera DSLR dari Kamera Pocket Reviewed by Ghost Ships on 5:42:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.