Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi ?

Sudah menjadi kebiasaan kalau secangkir kopi disajikan pada pagi hari bersama panganan lainnya. Paduan kopi hangat dengan pisang goreng atau rebus-rebusan memang paling nikmat diminum saat pagi hari. Tetapi ternyata menurut peneliti, kopi bukanlah minuman yang baik diminum ketika bangun tidur di pagi hari. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi ?.
Ilustrasi secangkir kopi. Foto : Pixabay.
Ilustrasi secangkir kopi. Foto : Pixabay.
Kenapa kopi kurang baik diminum pagi sekali ketika bangun tidur ?. Hal ini ternyata karena kandungan kafein pada kopi yang akan berinteraksi dengan hormon kortisol. Hormon kortisol ini adalah hormon yang penting di dalam tubuh manusia.

Hormon kortisol membantu meregulasi jam internal tubuh serta meningkatkan kewaspadaan.

Secara alami, hormon kortisol tubuh normalnya berada pada titik yang tinggi sesaat setelah bangun tidur, dan akan bertahan hingga beberapa jam. Selain antara jam 8 – 9 pagi, hormon kortisol akan mencapai puncaknya beberapa kali lagi dalam sehari, yaitu sekitar pukul 12 – 13 siang, dan terakhir pada pukul 18 – 19 sore.

Selain itu, produksi hormon kortisol akan meningkat ketika sedang stress. Hormon kortisol akan membantu mengubah cadangan energi dalam tubuh menjadi gula (glukosa), sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai energi.

Menurut hasil peneliatan dari Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, Steven Miller, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling baik adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya, yaitu setelah jam 9 pagi. Jadi ketika pagi hari, waktu yang paling tepat adalah antara pukul 9.30 hingga 11.30 pagi.

Untuk memudahkan mengetahui siklus produksi hormon kortisol, dan waktu yang tepat untuk minum kopi, dapat dilihat pada gambar berikut.
Time line waktu yang tepat untuk minum kopi. Foto : Hipwee.
Time line waktu yang tepat untuk minum kopi. Foto : Hipwee.
Berdasarkan ilustrasi di atas, waktu yang paling tepat untuk minum kopi adalah sesaat setelah kadar hormon kortisol mencapai puncaknya. Waktunya minum kopi adalah sebagai berikut :
pukul 9.30 hingga 11.30 pagi
pukul 13.30 hingga 17.30 sore
Menurut Miller, jika seseorang minum kopi ketika hormon kortisol masih tinggi dapat menyebabkan tubuh meningkatkan toleransi terhadap kafein. Hal ini seperti yang berlaku pada obat, yang diminum ketika dibutuhkan.

Karena jika tidak, tubuh akan mengembangkan toleransi (resistensi) terhadap obat tersebut, sehinnga tubuh meminta dosis yang lebih besar untuk menciptakan efek yang sama. Hal ini akan mengakibatkan tubuh akan membutuhkan jumlah kafein yang lebih banyak setiap pagi untuk mendapatkan efek yang sama. Dengan kata lain, takaran kopi yang sama setiap paginya lama-kelamaan menjadi kurang efektif.

Semoga artikel tentang waktu yang paling tepat untuk minum kopi ini akan membantu penikmat kopi untuk mengatur waktu minum kopi.

Selamat menikmati kopi....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi ?"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini