Komersialisasi Hobi

Komersialisasi Hobi

Komersialisasi Hobi

Artikel tentang komersialisasi hobi ini sebenarnya adalah lanjutan dari artikel tentang pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar. Bagi saya, hobi adalah sesuatu yang penting karena bisa mengurangi stress karena pekerjaan. Tetapi yang jadi permasalahan adalah ternyata hobi saya mahal, bagaimana membiayai hobi yang mahal ?.
Ilustrasi menghasilkan uang dari hobi. Foto : Stock-Free.
Ilustrasi menghasilkan uang dari hobi. Foto : Stock-Free.
Meskipun saya bukan orang kaya tetapi ternyata hobi saya mahal. Mungkin itulah sebabnya kawan saya bilang kalau penyebab saya gak kaya-kaya itu karena hobi saya mahal. Hobi saya apa saja sih sehingga dikategorikan mahal ?.

Yang jelas, untuk membunuh rasa jenuh karena pekerjaan, saya suka traveling. Hobi traveling ini memerlukan akomodasi dan dokumentasi. Akomodasi dan dokumentasi adalah salah satu pengeluaran terbesar traveler. Jadi traveling adalah salah satu hobi saya yang mahal.

Untuk dokumentasi, saya memerlukan kamera dan perlengkapannya. Agar menghasilkan foto yang bagus, tentutnya tidak bisa hanya memakai kamera dan lensa biasa. Agar menghasilkan foto yang bagus, diperlukan kamera dan lensa yang berkualitas baik. Selain itu juga diperlukan perlengkapan penunjang untuk hobi fotografi saya.

Peralatan penunjang untuk hobi fotografi bisa berupa : filter, tripod, timer, remote control, flash, harddisk eksternal, dan laptop. Bagi saya, semua itu harganya mahal dan harus menabung ekstra untuk melengkapi peralatan fotografi saya.

Hobi traveling dengan hobi fotogafi adalah 2 hobi yang saling melengkapi. Agar bisa hunting foto, mau gak mau harus traveling. Dan ketika traveling bisa sekalian hunting foto.

Hobi traveling yang mahal ini bisa sedikit diatasi dengan cara traveling sambil perjalanan dinas. Di sela-sela pekerjaan perjalanan dinas bisa diisi hunting foto dan jalan-jalan.

Gimana caranya supaya semua hobi bisa berjalan terus ?. Cara yang paling mungkin adalah komersialisasi hobi. Maksud dari komersialisasi hobi ini adalah menghasilkan uang dari hobi.

Bagaimana menghasilkan uang dari hobi ?. Caranya gampang-gampang susah. Perlu kerajinan dan kesungguhan untuk melakukannya.

Agar menghasilkan uang dari traveling, bisa dengan cara menjadi travel writer. Kita bisa menjadi kontributor media tentang traveling. Bisa juga dengan menjadi blogger. Blogging ini akan menghasilkan uang jika me-monetize blog dengan cara apply google adsense atau menjadi affiliate marketing.

Untuk foto yang dihasilkan dari traveling, bisa dikirim ke situs-situs stok foto yang bisa menghasilkan uang. Selain itu, sering-sering ikut lomba fotografi online, siapa tahu menjadi juara.

Nah, itu sedikit sharing bagaimana membiayai hobi dengan cara komersialisasi hobi.
Komersialisasi Hobi Komersialisasi Hobi Reviewed by Ghost Ships on 9:20:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire in fact loved account your blog posts.
    Any way I will be subscribing on your augment and even I
    fulfillment you get right of entry to constantly rapidly.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Diskon Gede Lazada 5-11 Desember

Powered by Blogger.