Memotret Indahnya Gerhana Bulan

Memotret Indahnya Gerhana Bulan

Memotret Indahnya Gerhana Bulan

Gerhana bulan sebagian (partial lunar eclipse) melintasi wilayah Indonesia pada hari Senin (7/8/2017) tengah malam hingga Selasa (8/8/2017) dini hari. Gerhana bulan adalah peristiwa alam dimana cahaya matahari terhalangi oleh bumi. Sayang sekali, pada waktu itu saya tidak berkesempatan memotret gerhana bulan, tetapi pernah memotret indahnya gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014.
Foto gerhana bulan total di Tasikmalaya pada tanggal 8 Oktober 2014.
Foto gerhana bulan total di Tasikmalaya pada tanggal 8 Oktober 2014.
Gerhana bulan adalah peristiwa alam yang indah. Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang. Tidak perlu alat bantu untuk melihat gerhana bulan.

Gerhana bulan sebagian yang terjadi pada hari Senin tanggal 7 Agustus 2017 bertepatan dengan musim kemarau. Musim kemarau ini akan membuat penampakan cahaya Bulan yang terhalang oleh Bumi semakin indah.

Untuk dapat memotret indahnya gerhana bulan, dibutuhkan lensa tele plus tripod. Supaya Bulan dapat difoto dengan ukuran besar, paling tidak diperlukan lensa tele 300 mm. Tetapi apabila hanya memiliki lensa tele 250 mm juga masih bisa digunakan.

Apabila lensa tele 250 mm atau 300 mm dirasa masih kurang, dapat ditambahkan tele extender tube. Penggunaan tele extender tube ini akan melipatgandakan kemampuan lensa tele tanpa mengurangi kemampuan optic lensa tele.

Penggunaan tripod wajib sifatknya karena akan menggunakan zoom lensa tele terpanjang. Goncangan sekecil apapun akan mengakibatkan hasil foto blur. Lebih baik lagi jika menggunakan shutter release cable.

Apabila tidak memiliki shutter release cable dapat menggunakan timer kamera. Timer bisa dipasang di waktu tersingkat supaya bulan belum bergeser.

Setting untuk memotret keindahan gerhana bulan usahakan di bukaan sempit (f dengan angka besar). Penggunaan diafragma sempit ini bertujuan agar dof yang dihasilkan lebar atau menghasilkan bidang tajam yang lebih luas.

Berikut ini adalah foto indahnya gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014. Saya memotret menggunakan kamera Canon EOS1000D dengan lensa Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS II.
Bulan mulai tertutup bayangan Bumi.
Bulan mulai tertutup bayangan Bumi.
Bayangan Bumi hampir menutupi seluruh permukaan Bulan.
Bayangan Bumi hampir menutupi seluruh permukaan Bulan.
Bayangan Bumi sedikit lagi akan menutup seluruh permukaan Bulan.
Bayangan Bumi sedikit lagi akan menutup seluruh permukaan Bulan.
Peristiwa gerhana bulan ini adalah fenomena alam indah yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Memotret Indahnya Gerhana Bulan Memotret Indahnya Gerhana Bulan Reviewed by Ghost Ships on 7:09:00 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Pengen blajar motret jg tp cm punya hape doang. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ini siapa ya ? nyindir saya kali ya ? .. saya juga seringan motret pake hape koq, lebih praktis, sekali-kali aja motret pake DSLR.

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Diskon Gede Lazada 5-11 Desember

Powered by Blogger.