Mengenal Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta

Mengenal Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta

Mengenal Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta

Ketika menjadi peminum kopi pemula, biasanya yang menjadi perhatian adalah kandungan kafein, belum terpaku kepada jenis kopi. Sedangkan bagi pecinta kopi, perhatian telah bergeser ke kualitas kopi. Pecinta kopi selalu memperhatikan dari mana asal biji kopi, kandungan kafein, dan tentunya aroma dan rasa kopi. Para pecinta kopi, biasanya terfokus kepada 2 jenis kopi, yaitu : kopi arabica dan kopi robusta. Lalu bagi peminum kopi pemula, bagaimana membedakan antara kopi arabica dengan kopi robusta ?.

Ilustrasi biji kopi. Sumber : wikipedia.
Ilustrasi biji kopi. Sumber : wikipedia.

Berdasarkan hasil browsing, dari jenis kopi arabica dan robusta, akan menghasilkan 2 jenis produk akhir kopi yang bebeda pula. Jumlah kandungan kafein adalah faktor pembeda utama, selain dari kekentalan dan cita rasa dari kopi yang yang dihasilkan.

Secara umum, kopi arabica dikenal sebagai biji kopi berkualitas tinggi karena rasa yang ringan dan rasa yang tidak pahit. Ini merupakan pembeda utama antara kopi arabica dengan kopi robusta.

Semoga artikel tentang perbedaan antara kopi arabica dengan kopi robusta ini dapat memandu penikmat kopi pemula agar dapat memilih jenis kopi yang paling cocok untuk dinikmati.

Ilustrasi perbedaan kopi arabica dengan kopi robusta. Sumber : espressoperfecto.
Ilustrasi perbedaan kopi arabica dengan kopi robusta. Sumber : espressoperfecto.

Kandungan kafein
Biji kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi robusta. Kadar kafein pada kopi arabica sebesar 1,2%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%.

Jika Anda tidak ada pantangan kafein, kopi robusta tidak menjadi masalah untuk dikonsumsi.

Kandungan Antioksidan
Kandungan antioksidan di dalam kopi inilah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ternyata, kopi robusta memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dibanding kopi arabica. Antiosidan dikenal sebagai zat yang dapat mencegah penyakit kanker.

Jadi, jika menginginkan manfaat dari antioksidan, kopi robusta adalah pilihan terbaik.

Kandungan gula dan lipid
Kandungan gula dan lipid pada kopi arabica lebih banyak daripada kopi robusta. Tepatnya kopi arabika memiliki kandungan lipid lebih banyak 60% daripada robusta, dan kandungan gula kopi arabica juga hampir dua kali lebih banyak daripada robusta.

Aroma kopi
Kopi arabica memiliki aroma wangi mirip aroma percampuran bunga dan buah, sedangkan kopi robusta memiliki aroma manis yang khas.

Cita rasa kopi
Kopi arabica dikenal dengan jenis kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi robusta. Kopi arabica juga memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih kental di mulut. Kopi arabica juga lebih pahit dibanding kopi Robusta. Kopi Robusta memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar di lidah, dan rasanya lebih manis seperti cokelat.

Harga kopi
Bedasarkan harga, kopi arabica lebih mahal daripada kopi robusta. Bahkan harga kopi arabika hampir dua kali lebih mahal dari harga kopi robusta. Kopi instant yang umumnya ditemukan di supermarket biasanya adalah kopi robusta.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara kopi arabica dengan robusta, kopi mana yang menjadi kesukaan Anda ?. Silahkan ditunggu komentarnya ya.

Selamat menikmati kopi kesukaan Anda...
Mengenal Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta Mengenal Perbedaan Kopi Arabica dengan Robusta Reviewed by Ghost Ships on 2:02:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Diskon Gede Lazada 5-11 Desember

Powered by Blogger.