Menikmati Pesona Keindahan Pantai Kukup di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibukota Kabupaten Gunungkidul berada di Kecamatan Wonosari. Sebagian besar wilayah Gunungkidul berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu. Namun demikian, Kabupaten Gunungkidul memiliki deretan pantai yang indah. Pantai Kukup adalah salah satu pantai indah di Gunungkidul.
Pantai Kukup di Gunungkidul
Pantai Kukup di Gunungkidul
Pantai Kukup adalah salah satu wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul. Alamat Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Kukup ini berada berjejer dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, yaitu : Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti.

Untuk memudahkan menemukan alamatnya, koordinat Pantai Kukup berada pada titik S8.133376, E110.553943. Posisi tepatnya dapat dilihat pada google maps berikut.
Keunikan Pantai Kukup adalah pantai ini memiliki pantai dengan pasir putih. Apabila sedang surut, kata bisa menikmati aneka biota laut dan terumbu karang di lantai karang yang menjorok ke laut.

Selain bisa menikmati  terumbu karang dan aneka biota laut, kita juga bisa bermain air atau mandi di pinggir Pantai Kukup ketika sedang surut. Namun demikian, pengunjung harus selalu berhati-hati, karena permukaan lantai karang yang tidak rata dan adanya terumbu karang yang tajam bisa melukai telapak kaki..

Salah satu keistimewaan Pantai Kukup adalah memiliki sebuah pulau karang yang berada di pantai sebelah Timur. Pulau karang ini berada tidak jauh dari tebing pantai, dan sudah dihubungkan dengan sebuah jembatan. Sehingga kita tidak perlu repot-repot menyebrang menggunakan perahu.
Wefie di bibir Pantai Kukup dengan latar belakang gardu pandang.
Wefie di bibir Pantai Kukup dengan latar belakang gardu pandang.
Geometri jalan yang menghubungkan pantai dengan pulau yang meliuk sepanjang pantai, jembatan dan pulau karang yang ada gazebo di atsanya merupakan pemandangan indah di Pantai Kukup.

Gazebo ini berfungsi sebagai gardu pandang yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan di Pantai Kukup. Dari sana kita bisa melihat pemandangan Pantai Kukup secara lebih luas.

Gardu pandang ini juga merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunset. Bagi penggemar fotografi, sunset di Pantai Kukup adalah salah satu sunset terbaik di Gunungkidul. Pantai Kukup adalah tempat yang sempurna untuk hunting landscape.
View Pantai Kukup arah Barat.
View Pantai Kukup arah Barat.
Foto berdua di Pantai Kukup.
Foto berdua di Pantai Kukup.
Bagi penggemar seafood, di Pantai Kukup tersedia warung-warung yang menyediakan aneka makanan seafood dengan harga yang terjangkau.

Dengan pesona keindahannya, Pantai Kukup merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan liburan di Gunungkidul.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Menikmati Pesona Keindahan Pantai Kukup di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta"

  1. Hey would you mind letting me know which webhost you're utilizing?
    I've loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.

    Can you suggest a good internet hosting provider
    at a fair price? Kudos, I appreciate it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for your visit and commenting my blog. as a new comer, i still use blogger as free hosting for my blog

      Delete
  2. Pantai yang sangat indah, semoga suatu saat bisa ke sini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempatkan mampir Gan ... sekalian liburan ke Yogyakarta, pantai Selatannya menawan.

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini