Menjadi Seorang Freelancer Tidak Harus Keluar dari Pekerjaan Tetap

Bekerja menjadi seorang freelancer adalah salah satu pekerjaan yang paling bebas. Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan oleh siapa saja. Menjadi seorang freelancer nampaknya akan menjadi trend di era global ini. Seorang freelancer dapat dengan bebas memutuskan dengan siapa dia bekerja berikut jam kerjanya. Pada dasarnya, karena kebebasannya, menjadi seorang freelancer tidak harus keluar dari pekerjaan tetap.
Ilustrasi memperoleh penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer secara online. Foto : Pixabay.
Ilustrasi memperoleh penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer secara online.
Foto : Pixabay.
Mimpi sukses menjadi seorang freelancer tidak akan terjadi dalam semalam. Banyak sekali freelancer yang membuat kesalahan dengan keluar dari pekerjaan tetap mereka sebelum mendapatkan penghasilan yang memadai di dunia freelance.

Berikut ini adalah langkah-langkah menjadi seorang freelancer tanpa harus keluar dari pekerjaan tetap.

Langkah #1. Susun Rencana yang Matang
Semua pekerjaan apapun selalu membutuhkan rencana. Kapan mulai bergerak, kapan mulai pindah dan kapan meminta peningkatan gaji.

Ketika pekerjaan tetap tidak begitu menjanjikan tetapi suasana  kerja masih memungkinkan untuk bekerja sampingan, nampaknya tempat kerja ini masih layak dipertahankan. Tetapi hal ini tetap harus diperhitungkan dengan perencanaan yang matang, sampai kapan akan bertahan dengan kondisi seperti ini.

Langkah  #2 Belajar Bagaimana Cara Menjual Diri
Menjual diri ?. Jangan dulu berfikiran negatif dengan kalimat menjual diri. Sebagai gambaran, jika Anda pegawai baru di tempat pekerjaan tetap, mungkin dipastikan Anda tidak ada yang mengenal.

Supaya dikenal orang, dan memudahkan orang lain untuk mengenal Anda, merekomendasikan Anda, pastikan membuat curriculum vitae yang bernilai.

Langkah #3 Memiliki Cukup Tabungan
Ketika mulai bekerja sebagai seorang freelancer, pastikan Anda memiliki cukup uang tabungan. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki stabilitas secara finansial dan tidak memiliki ketergantungan ke pemberi kerja.

Tabungan ini besarnya paling tidak sebesar pengeluaran Anda selama sebulan.

Langkah #4 Ketahui Berapa Besar Anda Layak Dibayar
Besarnya bayaran Anda sebagai seorang freelancer sangat kritis. Kenapa kritis ?.

Itu karena aka sangat menentukan karir Anda selanjutya di dunia freelancer. Meminta bayaran terlalu mahal akan berdampak buruk, terutama apabila kompetitor menetapkan bayaran lebih rendah dengan kualifikasi yang sama dengan Anda.

Langkah #5 Seringlah Menagih Pembayaran
Meminta bayaran dalam tempo yang singkat dengan nominal lebih kecil jauh lebih baik dibanding memberikan tempo yang lama tetapi dalam jumlah yang besar.

Nah, itulah beberapa alasan tetap bertahan di pekerjaan tetap dan menjadi seorang freelancer di kantor karena sebenarnya banyak yang bisa dikerjakan di kantor dan bertindak sebagai seorang freelancer tanpa harus resign dari pekerjaan tetap.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menjadi Seorang Freelancer Tidak Harus Keluar dari Pekerjaan Tetap"

  1. Informative article, exactly what I was looking for.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you, it's the reason why i still working and blogging as side job ...

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini