Mudahnya Mengurus Roya Sendiri di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua debitur datang juga. Setelah selama 10 tahun menjadi debitur bank untuk membeli sebuah rumah dengan skema KPR, cicilan lunas juga. Tiba waktuna untuk mengambil sertipikat tanah ke bank. Tetapi pihak bank menyampaikan kalau sertipikat tersebut harus diroya dulu di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.
Ilustrasi sertipikat tanah.
Ilustrasi sertipikat tanah.
Dokumen yang saya terima dari pihak bank setelah kredit lunas adalah :
  • sertipikat tanah yang dibebani hak tanggungan
  • sertipikat hak tanggungan
  • izin mendirikan bangunan
  • surat keterangan roya
  • akta jual beli
  • akta pemberian hak tanggungan
  • akta pengakuan utang dan kuasa untuk menjual

Langkah selanjutnya adalah ke Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya atau dulu dikenal dengan nama Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengurus proses roya. Secara sederhana, proses roya adalah proses mencoret tulisan di sertipikat tanah yang berisi klausula pembebanan hak tangungan atas tanah. Hak tanggungan adalah  surat kuasa bank untuk menjual tanah apabila debitur wanprestasi.

Intinya adalah pada sertipikat yang dijaminkan dan ditahan sebagai jaminan kredit di bank, tertulis bahwa tanah tersebut dikuasai oleh bank dan bank memiliki kuasa untuk menjual, setelah lunas, tulisan itu harus dicoret.

Nah, itu sebenarnya proses roya. Cara mengurus roya, datang ke Kantor Pertanahan tempat sertipikat itu diterbitkan, kemudian mengisi formulir roya. Mengurus sendiri roya sebenarnya sangat mudah, karena dokumen persyaratan roya sudah disiapkan pihak bank, kita tinggal membawa formulir roya yang sudah diisi ke Kantor Pertanahan.
Tanda terima dokumen roya dari Kantor Pertanahan.
Tanda terima dokumen roya dari Kantor Pertanahan.
Setelah formulir pendaftaran roya diisi, selanjutnya membayar biaya roya ke bank yang ada di loket Kantor Pertanahan. Ternyata biaya roya sangat murah, hanya Rp 50.000.

Ternyata proses pengurusan roya sangat mudah dan cepat. Setelah formulir roya diisi berikut persyaratan roya dan membayar biaya roya ke bank. Semua dokumen diserahkan ke loket pendaftaran roya.

Setelah diperiksa kelengkapan persyaratan roya oleh petugas, kita diberikan tanda terima dokumen. Tanda terima dokumen tersebut digunakan untuk mengambil sertipikat tanah yang sudah diroya.

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata waktu pengurusan roya sangat cepat. Pihak Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya dapat menyelesaikan proses roya hanya 3 hari kerja saja. Setelah 3 hari saya dapat mengambil sertipikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.

Ternyata sangat mudah mengurus sendiri roya di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mudahnya Mengurus Roya Sendiri di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini