Nikmatnya Kelapa Camani yang Penuh Khasiat

Kelapa camani mungkin terdengar asing ya. Yang sudah populer sih adalah ayam camani, yaitu ayam yang serba hitam dari mulai bulu dan kulit. Nah, kalau kelapa apa iya semua hitam ?. Ternyata berbeda, kelapa camani ternyata adalah kelapa hijau. Konon katanya banyak khasiat kelapa camani untuk kesehatan.
Sebutir kelapa hijau penghilang dahaga
Sebutir kelapa hijau penghilang dahaga
Khasiat kelapa hijau untuk kesehatan memang sudah dikenal banyak orang. Ternyata di balik rasa airnya yang manis dan menyegarkan, air kelapa hijau berkhasiat mengobati beragam penyakit.

Tetapi untuk mendapatkan kelapa camani tidak mudah. Tidak semua pedagang kelapa muda yang banyak terdapat di pinggir jalan menyediakan kelapa camani atau kelapa hijau.

Seperti biasa, kalau olahraga gowes keliling kota, saya suka minum air kelapa sebagai isotonik. Setahu saya, air kelapa muda dari kelapa hijau lebih manis rasanya.

Tetapi menurut pedagang kelapa muda, istilah kelapa hijau itu merujuk ke kelapa camani atau kelapa obat. Meskipun wujudnya identik dengan kelapa muda biasa, tetapi kelapa hijau memiliki ciri khusus.

Ciri khusus kelapa hijau adalah memiliki pangkal tangkai berwarna merah, padahal kelapa hijau biasa kan berwarna putih. Untuk mengeceknya dapat sedikit memotong bagian pangkal buah kelapa muda.
Kelapa hijau atau kelapa camani memiliki pangkal tangkai berwana merah.
Kelapa hijau atau kelapa camani memiliki pangkal tangkai berwana merah.
Selain menghilangkan rasa dahaga dan sebagai isotonik, ternyata khasiat kelapa hijau ini diantaranya dapat mengobati penyakit pencernaan, ginjal dan empedu. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol serta membersihkan paru-paru.

Meskipun kelapa camani memiliki banyak khasiat tetapi nampaknya belum ada teknik budidaya yang mengembangkan kelapa cemani. Hal ini terbukti dari ketersediaan kelapa camani di pedagang kelapa muda, dalam sehari paling antara 10-20 butir saja. Itulah yang membuat harga kelapa hijau atau kelapa camani lebih mahal dibanding kelapa muda biasa.
Kelapa camani atau kelapa hijau di pedagang es kelapa muda.
Kelapa camani atau kelapa hijau di pedagang es kelapa muda.
Harga kelapa hijau sekitar Rp 15 ribu per butir. Jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga kelapa muda biasa yang hanya Rp 5 ribu per butir.
Kelapa Muda BKR, menjual kelapa Camani
Kelapa Muda BKR, menjual kelapa Camani
Untuk menjaga kesehatan, nampaknya mengkonsumsi kelapa hijau atau kelapa camani dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nikmatnya Kelapa Camani yang Penuh Khasiat"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Terkait :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini