Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling

Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling

Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling

Mengemudi ketika traveling dengan jarak yang cukup jauh memang menyenangkan, tetapi ada kalanya membuat lelah. Kelelahan ini adalah salah satu penyebab mengantuk ketika mengemudi. Selain itu, banyak traveler yang senang mengemudi di malam hari dengan alasan lebih adem dan menghindari kemacetan. Tetapi ternyata nyetir di malam hari lebih berpotensi menyebabkan mengantuk ketika nyetir. Nampaknya perlu tips untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang ketika mengemudi saat traveling.
Ilustrasi traveling di malam hari. Foto : Pixabay.
Ilustrasi traveling di malam hari. Foto : Pixabay.
Rasa kantuk saat berkendara merupakan hal yang biasa dialami traveler ketika traveling dengan jarak yang cukup jauh. Memang, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berhenti dan istirahat sejenak kemudian tidur. Carilah tempat rest area atau tempat istirahat yang aman dan nyaman. Tidur sejenak merupakan solusi terbaik mengatasi rasa kantuk ketika mengemudi. Jangan memaksakan diri tetap mengemudi ketika rasa kantuk menyerang. Jadi tips pertama adalah tidur. Kopi atau energy drink bukanlah solusi terbaik menghilangkan rasa kantuk ketika mengemudi.

Persiapan ketika akan traveling jarak jauh adalah salah satunya pastikan kualitas tidur malam cukup ketika akan berangkat. Kurang tidur akan sangat mudah menyebabkan rasa kantuk ketika mengemudi. Kualitas tidur yang baik bukan cuma hanya tidur di tempat parkir rest area, tetapi benar-benar tidur di tempat tidur yang normal.

Hal yang paling berbahaya karena kurang tidur adalah reaksi dan konsentrasi menurun drastis. Hal ini jelas sangat membahayakan, tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga akan membahayakan orang lain.

Tips yang dapat dilakukan untk mengatasi rasa kantuk ketika mengemudi selain tidur adalah sebagai berikut.
  1. Makanlah hanya makanan ringan dan air putih ketika mengemudi saat traveling jarak jauh. Hindari alkohol sama sekali. Jika terpaksa harus minum obat yang menyebabkan kantuk, sebaiknya jangan menyetir dulu. Jangan biarkan juga mengemudi dalam kondisi lapar, tetapi jangan juga terlalu kenyang. Kurangi karbohidrat karena akan menyebabkan kantuk.
  2. Istirahatlah setiap 2-3 jam sekali. Apabila ada sopir cadangan, bisa bergantian. Tetapi apabila tidak ada, istirahatlah di rest area.
  3. Lakukan olahraga ringan saat mengemudi sehingga peredaran darah lancar kembali. Olahraga ringan dapat dengan cara menggerakkan kepala kiri dan kanan, gerakan bahu ke arah telinga lalu tahan delapan hitungan dan ulangi beberapa kali. Putar bahu ke depan dan ke belakang selama delapan hitungan. Kemudian angkat pinggul dan tahan delapan hitungan dan terakhir jinjitkan kaki delapan hitungan.
  4. Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi rasa kantuk ketika mengemudi. Tetapi hindari musik yang mendayu-dayu ataupun monoton. Putarlah lagu yang bergenre keras yang memicu semangat dengan volume sewajarnya.
  5. Atur suhu AC senyaman mungkin.P anas yang berlebihan membuat tubuh lebih cepat lelah dan konsentrasi berkurang.
  6. Apabila menyetir malam hari, usahakan lampu dashboard jangan terlalu kontras cahayanya karena dapat mengakibatkan kelelahan mata. Bersihkan kaca depan dan kaca spion supaya tidak buram.
  7. Jangan menyimpan benda yang memantulkan cahaya di dashboard yang dapat memantulkan cahaya yang akan mengurangi kemampuan penglihatan mata ke kaca depan.

Semoga tips mengatasi kantuk ketika mengemudi saat traveling ini dapat bermanfaat bagi para traveler.
Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling Reviewed by Ghost Ships on 9:10:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.