Uniknya Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling di Taman Sari Keraton Yogyakarta

Ketika kita traveling, selain bersenang-senang menikmati keindahan alam, juga tidak boleh terlewatkan untuk menjelajahi keunikan obyek wisata yang unik. Salah satu destinasi wisata unik yang sayang sekali untuk diilewatkan adalah kompleks Pesanggrahan Taman Sari di  Yogyakarta. Nah, di Pesanggrahan Taman Sari ini ada sebuah masjid yang unik, yaitu Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling
Lorong bawah tanah menuju Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling di Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta.
Lorong bawah tanah menuju Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling
di Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta.
Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling yang berada di Kompleks Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta ini adalah sebuah bangunan masjid dengan arsitektur yang sangat unik. Sepertinya tidak akan bisa dijumpai di belahan manapun di Indonesia.
Kompleks Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta.
Kompleks Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta.
Keunikan Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling adalah meskipun berfungsi sebagai masjid, tetapi bentuknya tidak seperti kebanyakan masjid. Seperti namanya, Masjid Sumur Gumuling memang seperti sumur berbentuk bulat atau lingkaran. Apabila dilihat secara sepintas, bentuk Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling ini ini mirip cincin.

Masjid bawah tanah Sumur Gumuling ini sangat unik, karena dibangun di bawah tanah yang terdiri atas 2 lantai. Tata letak bangunan Masjid Sumur Gumuling ini membuat suara muazin atau khatib terdengar ke seluruh penjuru masjid. Di masing-masing lantai terdapat dua mihrab atau tempat berdiri imam untuk memimpin shalat berjamaah.

Di dalam bangunan masjid Sumur Gumulin terdapat sumur yang dikelilingi lima tangga. Lima tangga ini melambangkan rukun Islam. Tepat di bawah tangga yang saling bertemu di tengah terdapat kolam air dari Sumur Gumuling.

Bagian atas masjid Sumur Gumuling berbentuk bulat tanpa atap. Agar ventilasi dan cahaya dapat menerangi area masjid, pada dinding terdapat banyak lubang ventilasi sehingga cahaya matahari dapat menerangi bagian dalam masjid.
Bagian tengah Masjid Sumur Gumuling.
Bagian tengah Masjid Sumur Gumuling.
Masjid Sumur Gumuling letaknya agak terpisah dari Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta. Untuk menuju ke Masjid Sumur Gumuling melewati gang-gang sepanjang Kampung Wisata Taman Sari. Agar dapat mengeksplorasi setiap sudut Masjid Sumur Gumuling, sebaiknya menggunakan jasa pemandu.

Untuk memudahkan menemukan lokasinya, koordinat Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling tepatnya berada pada titik S7.808759, E110.359140.

Lokasi Masjid Bawah Tanah Taman Sari Keraton Yogyakarta dapat dilihat pada google maps berikut.

Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling ini adalah spot hunting fotografi bagi para penggemar fotografi. Malah seringkali dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding atau bahkan shooting film atau sinetron. Selain itu juga, pengunjung dapat memuaskan diri untuk foto selfie di sini.

Jadi kalau berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah menikmati keunikan Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling di Kompleks Pesanggrahan Taman Sari Keraton Yogyakarta
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Uniknya Masjid Bawah Tanah Sumur Gumuling di Taman Sari Keraton Yogyakarta"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini