Keuntungan Transaksi Non Tunai

Apa itu transaksi non tunai ?. Secara sederhana, transaksi non tunai adalah transaksi kuangan yang tanpa melibatkan uang tunai. Sebenarnya transaksi non tunai bukanlah hal baru di Indonesia. Tetapi jumlah pemakai transaksi non tunai di Indonesia masih rendah.

Karena masih rendahnya jumlah transaksi non tunai di Indonesia, Bank Indonesia (BI) mencanangkan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya transaksi non tunai sejak  tanggal 14 Agustus 2014 lalu.

Transaksi non tunai itu terdiri atas tiga bentuk, yaitu paper based (cek dan bilyet giro), card based (kartu kredit, ATM dan debit card), dan electronic based ( e-Money, e-cash).

Nah, transaksi non tunai elektronik menggunakan eMoney ini sedang ramai dibahas, terutamam untuk pembayaran tol yang tidak lagi menerima pembayaran secara tunai sejak Oktober 2017.

Ilustrasi eMoney yang dapat digunakan transaksi non tunai. Foto : Bank Mandiri.
Ilustrasi eMoney yang dapat digunakan transaksi non tunai. Foto : Bank Mandiri.
Gerakan Transaksi Non Tunai sudah mulai banyak diterapkan di Jakarta, mulai dari pembayaran moda transportasi seperti kereta Commuter Jabodetabek dan bus TransJakarta hanya melayani transaksi non tunai bagi penumpangnya. Selain moda transportasi, swalayan, supermarket, SPBU, jalan tol dan beberapa arena hiburan di Jakarta juga lebih memilih untuk menggalakkan transaksi non tunai.

Kenapa BI mendorong GTNT ?. Karena ternyata ada beberapa keuntungan transaksi non tunai.  Berikut ini adalah beberapa keuntungan transaksi non-tunai paling mudah dirasakan :

  • Cepat
Pembayaran non tunai lebih cepat, karena tinggal digesek atau di-tap di alat yang sudah tersedia. Satu kali transaksi non tunai, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik.
  • Praktis
Tidak perlu bawa uang tunai kemana-mana. Sebagai masyarakat kekinian yang memiliki mobilitas tinggi, kita tidak selalu membawa uang tunai. Oleh karena itu, transaksi non tunai dapat menjadi solusi. Cukup membawa uang tidak tunai saja.

Selain itu , tidak perlu repot- repot menghitung uang tunai. Selain itu, transaksi non tunai juga semakin dimudahkan dengan elektronifikasi transaksi.

  • Aman
Pendekatan teknologi yang user-friendly membuat produk nontunai mudah digunakan. Selain itu, kita tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar, sehingga terhidar dari risiko pencurian.

  • Terhindar dari Uang Palsu
Risiko cash handling salah satunya adalah menerima kembalian uang palsu. Nah, dengan transaksi non tunai, kita akan terhindar dari risiko menerima uang palsu.

Kalau seandainya semua transaksi keuangan sudah non tunai, mungkin kejahatan berupa pembuatan uang palsu tidak akan ada lagi.

  • Diskon di merchant tertentu
Penggunaan transaksi non tunai yang bekerja sama degan merchant tertentu biasanya memberikan diskon untuk pemegangnya. Diskon ini nilainya lumayan ketika traveling, karena menggunakan transaksi non tunai bisa mendapatkan diskon untuk : spbu, tiket pesawat terbang, tiket kereta api, pembayaran hotel dan belanja di supermarket tertentu.

Itulah beberapa keuntungan transaksi non tunai.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Keuntungan Transaksi Non Tunai"

  1. Saya juga suka transaksi nontunai. Selain kartu debit, saya punya Mandiri prabayar. Tiap bulan kalau bayar tagihan seperti listrik, Kartu Halo, asuransi, beli pulsa, dll saya pake m-banking, lebih nyaman, ga pake ngantri.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini