Manfaat Informasi Geospasial bagi Traveller

Pada saat tertentu ketika musim liburan tiba, banyak traveller menghabiskan waktu dengan berwisata ke tempat-tempat menarik. Pada umumnya, traveller lebih senang mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Permasalahan utama mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi adalah bagaimana menemukan lokasi dan hal menarik apa yang bisa dilihat atau dikerjakan di sana. Diperlukan tips tertentu untuk dapat menemukan point of interest terutama obyek-obyek wisata baru.

Selain itu, tidak semua traveller berkantong tebal. Traveller dengan bugdet minim, biasanya berlibur ala backpacker. Ketika backpacker-an inilah diperlukan kemampuan untuk mengatur rute dan arah travelling agar dapat mengoptimalkan waktu dan tujuan wisata serta anggaran travelling.

Nah, ternyata informasi geospasial yang tersedia dapat membantu mewujudkan liburan impian bagi para treveller.
Travelling bersama keluarga ke Gunung Bromo, Jawa Timur.
Travelling bersama keluarga ke Gunung Bromo, Jawa Timur.
Bagaimana informasi geospasial dapat membantu traveller ketika berlibur ?.

Salah satu kebutuhan traveller agar dapat trvelling tanpa tersesat tentunya adalah peta. Menurut Wikipedia, peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.

Secara umum, peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi.

Khusus untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Badan Informasi Geospasial (BIG) telah menerbitkan Peta Rupabumi Indonesia (RBI), yaitu peta topografi yang menampilkan sebagian unsur-unsur alam dan buatan manusia di wilayah NKRI.

Peta NKRI telah di-lauching oleh BIG bertempat di titik KM 0 Indonesia di Sabang pada pada tanggal 15 September 2017. Untuk download peta NKRI, dapat mengakses situs www.big.go.id.
Peta adalah salah satu informasi geospasial yang sangat penting bagi traveller. Sumber : @infogeospasial. https://pbs.twimg.com/media/DJwQ2ulVYAAJ2WM.jpg
Peta adalah salah satu informasi geospasial yang sangat penting bagi traveller. Sumber : @infogeospasial.
Untuk kepraktisan ketika travelling, peta konvensional yang berbentuk cetakan pada selembar kertas, dapat disajikan dalam bentuk peta digital yang tampil di layar komputer. Atau lebih praktis lagi ketika sudah dimodifikasi menjadi peta untuk navigasi menggunakan gps.

Pemanfaatan informasi geospasial oleh traveller semakin mudah dengan teknologi gps. Dengan menggunakan gps, traveller akan sangat mudah untuk melakukan navigasi dari tujuan wisata yang satu ke tujuan wisata yang lain.

Teknologi gps ini memanfaatkan peta digitas secara online. Lalu bagaimana kalau seandainya traveller tidak memiliki gps ?. Selain gps offline, ternyata informasi geospasial juga tersedia dalam bentuk peta online.

Pemanfaatan peta online untuk navigasi dapat menggunakn google maps atau waze. Kedua aplikasi ini sangat populer digunakan oleh traveller untuk melakukan navigasi secara online. Tetapi kelemahannya adalah sangat tergantung sekali kepada  ketersediaan jaringan selular.

Berikut ini adalah ilustrasi navigasi menggunakan peta offline gps dengan software mapsource.
Ilustrasi navigasi menggunakan peta offline dengan software mapsource.
Ilustrasi navigasi menggunakan peta offline dengan software mapsource.
Ilustrasi navigasi menggunakan peta online google maps dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.
Dari kedua simulasi routing peta navigasi di atas terlihat bahwa keduanya memiliki arah rute yang identik, Perbedaanya hanya pada traffic report saja. Pada peta online tersedia traffic report, sehingga traveller bisa mengetahui kondisi kemacetan di perjalanan yang akan ditempuh.

Dengan ketersediaan informasi geospasial untuk kita, travelling menjadi lebih mudah dan praktis.

Itulah kemudahan-kemudahan yang dapat dirasakan oleh traveller dengan memanfaatkan informasi geospasial untuk travelling.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Manfaat Informasi Geospasial bagi Traveller"

  1. Para traveler harus tahu, apalagi yang belum pernah ke tempat yang akan dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Gan, traveler harus "cerdas" memanfaatkan teknologi agar traveling lebih nyaman

      Delete
  2. Peta masa kini lebih praktis dan lebih mudah digunakan dan disimpan karena hanya via smartphone saja. Kalau zaman dulu mungkin masih seperti Dora kita perlu peta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. saya lbh senang gps offline, di android saya pk 7ways (gratis) dan update peta Indonesia dari navigasi.net (gratis)
      Navnet itu peta paling lengkap di Indonesia

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini