Menikmati Keindahan Grand Sayang Kaak, Obyek Wisata Alam di Ciamis

Apabila mendengar nama Obyek Wisata Grand Sayang Kaak yang kebarat-baratan, mungkin sebagian orang mengira ini adalah nama sebuat perumahan atau regency di Ciamis. Tetapi ternyata ini adalah nama sebuah obyek wisata alam di Handap Herang, Ciamis. Nama Kaak ternyata berasal dari bunyi burung mirip Gagak yang berbunyi kaak.
Sekelompok pegunjung sedang swafoto dengan background sungai Citanduy.
Sekelompok pegunjung sedang swafoto dengan background sungai Citanduy.
Obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini ternyata adalah milik perorangan. Obyek wisata alam ini dikelola oleh Karang Taruna setempat. Luas obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini cukup luas, yaitu 3 ha yang berada di tepi jurang di atas sungai Citanduy.

Karena berada di atas sungai Citanduy yang berkelok, membuat obyek ini memiliki pemandangan ala yang indah. Pemandangan alam terlihat begitu indah dengan latar belakang sungai yang berkelok, sawah yang hijau serta hijaunya pepohonan di tepi sungai.

Selain menikmati aliran sungai Citanduy dan pemandangannya, juga pengunjung bisa melihat proses pembangunan bendungan Leuwi Keris yang sedang dalam tahap konstruksi.
Melihat proses pembangunan bendungan Leuwi Keris.
Melihat proses pembangunan bendungan Leuwi Keris.
Apabila dilihat sepintas dari arah pintu masuk, obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini pemandangannya menyerupai Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat.
Pemandangan alam Grand Sayang Kaak yang menyerupai Ngarai Sianok.
Pemandangan alam Grand Sayang Kaak yang menyerupai Ngarai Sianok.
View deck untuk melakukan selfie atau swafoto di Grand Sayang Kaak.
View deck untuk melakukan selfie atau swafoto di Grand Sayang Kaak.
 Karena pesona keindahan obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata baru di tatar Galuh Ciamis. Meskipun baru dibuka sekitar 4 bulan tetapi sudah ramai pengunjung.

Meskipun merupakan lahan milik pribadi yang dikelola oleh Karang Taruna, tetapi tempat wisata ini dibuka untuk umum. Untuk masuk ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini tidak dipungut biaya alias gratis. Cukup membayar uang parkir saja.

Meskipun gratis, tetapi fasilitas cukup lengkap. Di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini sudah tersedia warung, tempat parkir yang luas, mushola dan MCK.
  Tempat parkir yang luas di obyek wisata alam Grand Sayan Kaak.
Tempat parkir yang luas di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.
Warung kopi yang menyediakan nasi liwet, makanan ringan dan minuman.
Warung kopi yang menyediakan nasi liwet, makanan ringan dan minuman.
 Biaya dikenakan apabila pengunjung ingin menikmati fasilitas view deck untuk selfie, fun off road menggunakan mobil jeep menuruni jurang menuju ke sungai Citanduy, arung jeram, mengendarai ATV dan flying fox. Meskipun demikian, biaya untuk menikmati itu semua masih murah dan sangat terjangkau.
Rute fun off road di obyek wisata alam Sayang Kaak.
Rute fun off road di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.
Tersedia beberapa view deck untuk selfie di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.
Tersedia beberapa view deck untuk selfie di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.
Bagi yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak tidak perlu khawatir, karena akses jalan sudah mulus hotmix. Jarak obyek wisata alam Grand Sayang Kaak dari pusat kota Ciamis hanya 6 km saja. Dari pusat kota Ciamis, arahkan kendaraan menuju arah Handapherang ke arah Tempat Pembuangan Akhir sampah Ciamis. Jangan khawatir tersesat karena sudah ada papan petunjuk menuju ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.

Alamat obyek wisata alam Grand Sayang Kaak berada di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Koordinat obyek wisata alam Grand Sayang Kaak berada pada titik S7.353839, E108.383140.

Untuk memudahkan menemukan lokasi obyek wisata alam Grand Sayang Kaak dapat dilihat pada google maps berikut.

Apabila berkunjung ke Ciamis, jangan lupa mampir untuk menikmati keindahan obyek wisata Grand Sayang Kaak.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Keindahan Grand Sayang Kaak, Obyek Wisata Alam di Ciamis"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini