Modus Penipuan di Toko Online

Belanja online sepertinya sudah  menjadi gaya hidup (life style). Selain praktis dan cepat, belanja online banyak alternatif pilihan. Untuk barang yang sama di toko online yang sama pula bisa ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Kita memiliki keleluasaan untuk memilih barang yang diinginkan dengan harga yang termurah.

Tetapi terlepas dari kemudahan dan kepraktisan berbelanja online, seringkali terdengar kejadian penipuan toko online. Penipuan ini dalam arti luas, penipuan yang paling parah kan transfer uang tetapi barang tidak dikirim. Itu penipuan yang paling sering terjadi ketika belanja online.

Nah, di sini, berdasarkan pengalaman, bukan penipuan barang tidak dikirim. Barang tetap dikirim tetapi pembeli merasa tertipu setelah transaksi dengan seller online itu. Lalu, bagaimana modus penimpuan belanja online di toko online ?.
Ilustrasi belanjja online di toko online. Foto : pixabay.
Ilustrasi belanjja online di toko online. Foto : pixabay.
Nah,berikut ini adalah beberapa pengalaman yang membuat saya merasa tertipu ketika belanja online.

  • Barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi
Setelah membayar dan menerima konfirmasi pembayaran, barang dikirim, kemudian diterima dan transaksi selesai. Ketika paket dibuka apa  yang terjadi ?. Ternyata barang yang diterima tidak sesuai dengan spesifikasi yang dituliskan di katalog.

Yang sering terjadi adalah ketika berbelanja produk-produk fashion atau yang sejenis. Kekecewaan buyer biasanya diakibatkan oleh : warna tidak seindah di foto, ukuran yang tidak cocok, dan model yang tidak sesuai .

Memang beberapa toko online ada menu komplain, tetapi dengan retur barang tetapi sangat merepotkan, karena butuh waktu dan tenaga serta biaya tambahan.

Berdasarkan pengalaman itulah, saya tidak suka berbelanja online produk-produk fashion.

  • Memberikan nomor resi invalid
Pada beberapa toko online tertentu memang menawarkan belanja online yang 100 % aman. Memang berdasarkan pengalaman, toko online yang bonafid tidak pernah mengecewakan buyer. Toko online ini biasanya memberikan tenggat waktu untuk semua transaksi, mulai dari pembayaran, proses oleh seller dan pengiriman paket.

Nah, titik kritisnya adalah di waktu pengiriman. Toko online tertentu memberikan waktu misalnya maksimal 2 hari untuk memproses kiriman dan input nomor resi. Modusnya adalah memberikan nomor resi invalid sebanyak 1 atau 2 kali agar waktu proses kiriman menjadi lebih panjang.

Untuk mengantisipasi input nomor resi invalid ini kita harus jeli. Ketika seller telah menginput nomor resi segera lakukan pengecekan ke jasa pengiriman. Ketika statusnya not found, konfirmasikan ke seller, jika slow respon komplain ke toko online. Karena beberapa toko online akan memberikan sanksi kepada seller yang melakukan pelanggaran input nomor seri invalid ini. Biasanya transaksi langsung dibatalkan dan dana dikembalikan (refund).

  • Mengaku seller padahal dropshipper
Nah, modus inilah yang paling banyak terjadi di toko-toko online. Dropshipper adalah sebuah metode jual beli online dimana penjual (seller) tidak memiliki stok barang ataupun proses pengiriman. Penjual akan memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun media sosial sebagai tempat berjualan.

Jika ada pembeli yang memesan, maka penjual cukup meneruskannya pada supplier. Berikan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier.

Jadi bisnis dropshipper ini penjual tanpa menggunakan modal sama sekali. Nah, karena ada supplier-nya, maka ada kemungkinan harga sebenarnya sudah lebih mahal dari supplier. Oleh karena itu berusahalah mencari tahu, toko online yang merupakan supplier dari para dropshipper agar memperoleh harga yang terbaik.

Agar tidak merasa tertipu, ketika mau membeli produk tertentu secara online, pastikan browsing harga produk yang diinginkan agar memperoleh harga terbaik.

Itulah beberapa modus penipuan belanja online di toko online terpercaya. Jadi selalu hati-hati dan jangan mudah tertarik promo dengan harga murah.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Modus Penipuan di Toko Online"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini