Obyek Wisata Alam Gratis di Ciamis

Berlibur ke obyek wisata alam yang bernuansa alami sedang menjadi trend di kalangan travelers. Berlibur ke obyek wisata alam ini dapat mengurangi kepenatan setelah bekerja. Karena tingginya minat untuk berlibur ke obyek wisata alam, membuat banyak investor dan Pemerintah Daerah mengembangkan obyek wisata alam.

Konsekuensi dari tingginya minat ini adalah untuk menikmati obyek wisata alam tiket masuk cenderung mahal bagi sebagian orang. Tetapi ternyata tidak bagi obyek wisata alam di Ciamis ini.

Di Kabupaten Ciamis ada 2 obyek wisata alam yang dapat dikunjungi secara gratis. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung cukup membayat parkir  yang dikelola oleh karang taruna setempat.
Bersepeda di Taman Wisata Alam Puncak Move On, Darmacaang Cikoneng Ciamis.
Bersepeda di Taman Wisata Alam Puncak Move On, Darmacaang Cikoneng Ciamis..
Obyek wisata alam gratis di Ciamis ini adalah Puncak Move On dan Grand Sayang Kaak. Pengunjung dikenakan tiket hanya jika akan menikmati fasilitas tambahan, seperti : view deck untuk selfie, sewa ATV, sewa hammock, atau sewa jip untuk fun offroad.

Berikut ini adalah ulasan obyek wisata alam gratis di Ciamis.

  • Puncak Move On Darmacaang
Obyek wisata alam gratis pertama yang akan diulas adalah Puncak Move On. Namanya sangat familiar di kalangan generasi muda, move on hehehe.... Saya tidak tahu persis kenapa diberi nama Puncak Move On. Mungkin karena indahnya obyek wisata alam ini akan bisa melupakan masa lalu dan siap menyongsong dunia baru.
Obyek Wisata Alam Puncak Move On di Darmacaang Ciamis.
Obyek Wisata Alam Puncak Move On di Darmacaang Ciamis.
Puncak Move On ini adalaha kawasan hutan Pinus milik Perum Perhutani KPH Ciamis. Jarak Puncak Move On Darmacaang dari pusar kota Ciamis sekitar 16 km, dan dapat ditempuh dalam waktu 30-40 menit.

Alamat Puncak Move On berada di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Koordinat Puncak Move On tepatnya berada pada titik S7.258546, E108.271794.

Lokasi Puncak Move On dapat dilihat pada Google Maps berikut.

Untuk menuju ke Puncak Move On Darmacaang diperlukan mobil yang memiliki ground clearance agak tinggi, karena kondisi jalan ketika akan masuk ke gerbang Puncak Move On Darmacaang kondisinya belum beraspal dan berbatu. Namun demikian, nampaknya tidak lama lagi akan beraspal baik karena sedang dalam perbaikan jalan.

Daya tarik utama Puncak Move On Darmacaang adalah suasana hutan Pinus yang adem dan pemandangan yang indah. Ketika malam hari, kerlap kerlip lampu di Kota Tasikmalaya dan Ciamis nampak terlihat indah dan jelas.

Puncak Move On Darmacaang ini cocok untuk kegiatan out door seperti camping, hiking, dan bersepeda. Selain itu juga tersedia sewa hammock di Puncak Move On Darmacaang, sehingga dapat menikmati sensasi tidur di hutan pinus menggunakan hammock.

Apabila akan camping tetapi tidak memiliki tenda dan perlengkapannya, jangan khawatir karena ada sewa tenda di Puncak Move On Darmacaang. Pemuda Karang Taruna Darmacaang menyewakan tenda dan peralatan camping plus hammock.

Jika berkunjung ke Puncak Move On Darmacaang cukup membayar parkir sebesar Rp 5000 saja. Biaya dikenakan apabila sewa hammock atau sewa tenda atau perlengkapan out door lainnya.

Obyek wisata alam Puncak Move On Darmacaang ini berkekatan dengan obyek wisata alam lainnya, yaitu Wisata Alam Sungai Cireong dan Curug Panganten.

Obyek wisata alam Grand Sayang Kaak pada mulanya adalah kebun milik perorangan. Tetapi karena memiliki view yang indah, terutama ke jurang Sungai Citanduy, mendorong Karang Taruna setempat untuk dibangun menjadi sebuah obyek wisata alam.

Luas obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini cukup luas, yaitu 3 ha yang berada di tepi jurang di atas sungai Citanduy.
Obyek Wisata Alam Grand Sayang Kaak di Handapherang Ciamis.
Obyek Wisata Alam Grand Sayang Kaak di Handapherang Ciamis.
Karena berada di atas sungai Citanduy yang berkelok, membuat obyek ini memiliki pemandangan alam yang indah. Pemandangan alam terlihat begitu indah dengan latar belakang sungai yang berkelok, sawah yang hijau serta hijaunya pepohonan di tepi sungai.

Daya tarik utama Obyek Wisata Alam Grand Sayang Kaak adalah view deck di atas jurang Sungai Citanduy.

Selain menikmati aliran sungai Citanduy dan pemandangannya, juga pengunjung bisa melihat proses pembangunan bendungan Leuwi Keris yang sedang dalam tahap konstruksi.

Jarak obyek wisata alam Grand Sayang Kaak dari pusat kota Ciamis hanya 6 km saja. Dari pusat kota Ciamis, arahkan kendaraan menuju arah Handapherang ke arah Tempat Pembuangan Akhir sampah Ciamis. Jangan khawatir tersesat karena sudah ada papan petunjuk menuju ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak.

Alamat obyek wisata alam Grand Sayang Kaak berada di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Koordinat obyek wisata alam Grand Sayang Kaak berada pada titik S7.353839, E108.383140.

Lokasi Grand Sayang Kaak dapat dilihat pada Google Maps berikut.
 Karena pesona keindahan obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata baru di tatar Galuh Ciamis. Meskipun baru dibuka sekitar 4 bulan tetapi sudah ramai pengunjung.

Meskipun merupakan lahan milik pribadi yang dikelola oleh Karang Taruna, tetapi tempat wisata ini dibuka untuk umum. Untuk masuk ke obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini tidak dipungut biaya alias gratis. Cukup membayar uang parkir saja sebesar Rp 3000..

Meskipun gratis, tetapi fasilitas cukup lengkap. Di obyek wisata alam Grand Sayang Kaak ini sudah tersedia warung, tempat parkir yang luas, mushola dan MCK.

Itulah 2 obyek wisata alam gratis di Ciamis. Obyek wisata alam gratis di Ciamis ini bisa menjadi alternatif liburan di akhir pekan yang menarik.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Obyek Wisata Alam Gratis di Ciamis"

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini