Pengalaman Mengecewakan Belanja Online di Bukalapak

Sebenarnya, saya tidak pernah kecewa ketika belanja online. Selama ini selalu sesuai dengan harapan. Ini adalah pengalaman istri saya pertama belanja online. Pengalaman pertama ini seharusnya menyenangkan, sehingga akan mengesankan dan membuat ketagihan belanja online.

Sebenarnya toko online Bukalapak sadar benar pengalaman pertama itu harus memuaskan dan memberikan kesan baik buat pelanggan. Itulah makanya ada voucher September Spesial dengan memberikan diskon 30 % bagi pelanggan yang pertama kali belanja melalui aplikasi.

Tetapi sayang sekali, ternyata istri saya malah mendapat pengalaman mengecewakan belanja online di Bukalapak.
Ilustrasi diskon September Spesial di toko online Bukalapak.
Ilustrasi diskon September Spesial di toko online Bukalapak.
Ketika awal berbebelanja online lanjut ke pembayaran sampai diproses pelapak kemudian dikirim, dan menerima nomor resi, nampaknya seperti hal yang biasa dan berjalan normal. Tetapi ketika tadi sore mencoba tracking paket JNE secara online, ternyata nomor resi not found.

Ketika itu juga saya komplain ke JNE terkait paket tersebut, jawabannya adalah nomor resi JNE paling banyak 16 digit. Sedangkan nomor resi yang di-upload ke Bukalapak ini sebanyak 17 digit. Jadi sudah dipastikan kalau nomor resi ini salah. JNE menyarankan agar menghubungi pengirim untuk mengetahui nomor resi yang benar.
Detaial transaksi belanja online di Bukalapak.
Detaial transaksi belanja online di Bukalapak.
Ketika mengetahui bahwa nomor resi yang di-upload ke Bukalapak salah, istri saya langsung chat ke pelapak. Tetapi sayang sekali tidak ada respon. Mungkin dia lelah atau sibuk hehehe......
Chat ke pelapak di Bukalapak terkait kesalahan nomor resi.
Chat ke pelapak di Bukalapak terkait kesalahan nomor resi.
Karena tidak kunjung mendapat balasan chat pelapak, akhirnya diputuskan untuk komplain ke CS Bukalapak, dan mendapat respon yang cepat.

Pihak Bukalapak sudah memastikan kalau nomor resi memang salah dan akan diberitahukan kepada pelapak untuk mengkoreksi nomor resi dalam waktu 1x24 jam. Apabila lewat waktu, uang akan dikembalikan ke bukadompet.
Respon dari  Bukalapak terkait kesalahan nomor resi.
Respon dari  Bukalapak terkait kesalahan nomor resi.
Saya agak sedikit lega karena mendapat respon baik dari Bukalapak, tetapi ternyata ketika saya cek ulang ke pelapak yang bersangkutan ternyata lapak ditutup sementara. Saya dan istri saya langsung berfikiran negatif terkait penutupan lapak ini.

Penutupan lapak sementara ini memang sesuai dengan kebijakan Bukalapak apabila traffic pesanan tinggi. Tetapi kenapa bertepatan dengan saya komplain terkait pesanan yang dikirim dengan nomor resi yang salah ?.
Akun pelapak ditutup sementara setelah saya komplain.
Saya koq ya jadi berfikir, mungkin karena nilai belanja istri saya hanya beberapa puluh ribu rupiah saja jadi tidak mendapat perhatian yang serius dari pelapak di Bukalapak. Sudah harga yang murah, dipotong diskon 30 % lagi. Jadi saya menduga, pelapak sebenarnya ingin membatalkan transaksi tetapi dengan cara yang sedemikian rupa agar tidak menurunkan nilai reputasi pelapak.

Nampaknya pengalaman pertama belanja online ini adalah pengalaman terakhir istri saya belanja online di Bukalapak, karena mendapat pengalaman yang mengecewakan ketika belanja online pertama di Bukalapak.

Update :
-tanggal 27 September 2017 pukul 23.52 menerima email pemberitahuan penggantian nomor resi pengiriman. Status jasa pengiriman JNE : menunggu input resi, saya browsing status pengiriman koq gak ada ya status menunggu input resi.
Email pemberutahuan pengganian nomir resi dari Bukalapak.
Email pemberutahuan pengganian nomir resi dari Bukalapak.
 -tanggal 28 September 2017 pukul 04.45 tracking paket di JNE status masih not found.
Tracking paket di menu lacak kiriman JNE.
Tracking paket di menu lacak kiriman JNE.
-Konfirmasi ulang ke pihak JNE Care, jawaban CS ternyata nomor yang baru diganti bukan nomor resi JNE. Jadi nomor resi jasa pengiriman apa ? 
Konfirmasi dari JNECare atas nomor resi baru.
Konfirmasi dari JNECare atas nomor resi baru.
-Ini adalah screen shot dari Bukalapak terkait penggantian nomor resi baru.  Anehnya adalah status menunggu input resi
Status pengirimana : menunggu input resi.
Status pengirimana : menunggu input resi.
Pertanyaannya adalah apa maksudnya pelapak memberikan nomor resi yang salah 2 kali ?. Apa memang bermaksud mengulur waktu pengiriman ?.

-case closed, transaksai berakhir dengan pengembalian dana ke Buka Dompet. Nampaknya reputasi pelapak tidak menjamin transaksi belanja obnline berjalan sesuai dengan harapan.

Pihak Bukalapak mengirim email permohonan maaf dan telah menelepon juga yang intinya permohonan maaf atas ketidaknyamanan berbelanja online di Bukalapak. Terima kasih atas respon yang cepat dari customer service Bukalapak.

Pengalaman ini semoga menjadi pelajaran untuk memilih pelapak yang tidak terlalu banyak pelanggan dan hati-hati dengan harga yang murah.

Jangan sampai setelah nunggu lama, berakhir dengan pembatalan dan pengembalian dana.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Mengecewakan Belanja Online di Bukalapak"

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini