Sadar Informasi Geospasial-Perubahan Gaya Hidup di Era Teknologi Informasi

Ketika pertama kali mendengar kata geospasial, apa yang terlintas di pikiran pembaca ?. Sepertinya rumit untuk tahu arti geospasial. Untuk mempermudah mengetahui apa itu arti geospasial, kata geospasial bisa diurai menjadi 2 kata, yaitu geo dan spasial.

Kata geo berasal dari Bahasa Yunani yang artinya bumi. Sedangkan arti kata spasial menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, adalah berkenaan dengan ruang atau tempat.

Nah, dari arti harfiah kata geo dan spasial, dapat ditarik kesimpulan arti geospasial adalah segala sesuatu tentang ruang atau tempat di permukaan bumi.
Ilustrasi informasi geospasial, visualisasi Gunung Agung dan Gunung Batur.. Foto : Wikipedia.. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bali_Mts_Agung_and_Batur.jpg
Ilustrasi informasi geospasial, visualisasi Gunung Agung dan Gunung Batur.. Foto : Wikipedia.
Untuk mengetahui definisi geospasial secara lengkap, menurut Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Untuk memudahkan memahami informasi geospasial, silahkan saksikan video dari Geospasial di youtube berikut ini.
Setelah melihat tayangan video dan memahami definisi geospasial, ternyata informasi geospasial itu dapat memberikan manfaat luar biasa besar bagi kita semua. Sudah banyak informasi yang terkait dengan permukaan bumi semuanya sudah mulai didata dan diolah menjadi sistem informasi geospasial.

Bagi masyarakat umum tentunya bertanya-tanya juga, bagaimana mungkin masyarakat dapat mengakses informasi geospasial yang nampak rumit itu ?. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, ternyata semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses beragam informasi dari berbagai sumber.

Teknologi informasi memberikan kemudahan agar informasi geospasial dapat memberikan manfaat bagi masyarakat umum. Melalui situs Badan Informasi Geospasial (BIG), masyarakat dapat mengakses beragam informasi tentang geospasial.
Layanan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Sumber : http://www.big.go.id/.
Layanan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Sumber : http://www.big.go.id/.
Dengan melihat banyaknya layanan digital terkait dengan informasi geospasial, nampaknya semakin memudahkan akses masyaraka terhadap geospasial, Karena memang beragam layanan dari BIG ini dalam rangka mewujudkan geospasial untuk kita.

Ketika semua informasi tentang geospasial sudah mudah diakses, tinggal bagaimana kita mengubah gaya hidup dengan memanfaatkan data digital geospasial.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pemetaan, berkembang juga teknologi global positioning system (GPS). Teknologi GPS memudahkan dalam menyediakan data dan informasi geospasial serta memanfaatkan informasi geospasial. Sejalan perkembangan teknologi, akurasi pengukuran GPS semakin tinggi dengan harga GPS yang semakin terjangkau.

Agar semakin mendekatkan akses masyarakat terhadap informasi geospasial dan mewujudkan geospasial untuk kita, dengan dukungan perkembangan teknologi informasi, telah berkembang komunitas-komunitas yang berhubungan dengan informasi geospasial.

Salah satu komunitas yang memang bergerak di bidang informasi geospasial adalah Navnet atau Navigasi.net. Komunitas Navnet menyediakan informasi geospasial berupa peta digital gratis. Setiap anggota Navnet berhak untuk men-download peta digital Indonesia dari beragam platform GPS secara gratis.

Komunitas Navnet bisa menyediakan peta navigasi Indonesia terlengkap karena setiap anggota melakukan pemetaan secar partisipatif. Setiap data yang dihimpun dari masing-masing anggota Navnet diolah oleh map developer yang bekerja secara sukarela agar menjadi peta navigasi.

Contoh kontributor dan map developer di Navnet ini bisa dijadikan tempat pembelajaran dalam memanfaatkan informasi geospasial dari dan untuk kita bersama.

Dengan semakin berkembangnya komunitas penggiat informasi geospasial, akan mendorong perubahan gaya hidup pemanfaatan informasi geospasial. Gaya hidup yang semula dari hard copy berubah ke teknologi digital.

Hal lain yang juga semakin mendekatkan informasi geospasial kepada masyarakat ke informasi geopsasial untuk kita adalah penerbitan peta mudik Lebaran tahunan oleh BIG.
Peta Jalur Mudik Lebaran 2017.
Peta Jalur Mudik Lebaran 2017.
Peta Mudik Lebaran yang diterbitkan oleh BIG ini memberikan kemudahan kepada pemudik untuk dapat mudik lebaran dengan lancar dan mudah. Hal ini karena di dalam peta mudik lebaran tersebut telah dilengkapi dengan informasi jalur jalan yang dapat dilalui, termasuk informasi jalur tol baru yang akan dibuka pada saat Lebaran, informasi rawan bencana, rawan kecelakaan dan fasilitas umum seperti SPBU, ATM, rumah sakit, pos polisi dan tempat istirahat (rest area) yang terdapat di sepanjang jalan yang dilalui pemudik.

Nah, dari semua hal tentang informasi geospasial yang semakin mudah diakses dan semakin dekat dengan kita semua, akan semakin mendekatkan dan mewujudkan geospasial untuk kita.

Hal terbaik yang harus kita semua lakukan adalah perubahan gaya hidup untuk menyadari arti pentingnya informasi geospasial di era teknologi informasi.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Sadar Informasi Geospasial-Perubahan Gaya Hidup di Era Teknologi Informasi"

  1. Wahh mantap mas, saya bener belum pernah dengar Navigasi.net. ini. tapi kalau memang dari navnet bisa dapat informasi geospasial yang lebih lengkap tentu jadi memudahkan. Bener juga mas memang informasi geospasial sangat bermanfaat disegala lini kehidupan termasuk ketika mudik lebaran, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja sign up di navigasi.net, kita bisa download peta Indonesia terlengkap secara gratis, bisa untuk Garmin, Navitel, Papago, 7Ways dll. Saya senang pk 7Ways karena bener free bisa didonwload di playstore dan update peta navnet scr gratis pula. saya sudah coba tasikmalaya-surabaya-madura dan prnh dipake navigasi di jakarta, lancar dan tanpa nyasar hehehe ....
      supaya tidak salah menggunakan gps, silahkan baca tips menggunakan gps agar tidak tersesat.

      Salam lestari

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

Artikel Pilihan :

Booking Hotel, Tiket Pesawat dan Kereta Api Murah dari Pegipegi di Sini