Sunglass dapat Mencegah Pterygium, Gunakan ketika Terpapar Sinar Matahari Terik

Sunglass dapat Mencegah Pterygium, Gunakan ketika Terpapar Sinar Matahari Terik

Sunglass dapat Mencegah Pterygium, Gunakan ketika Terpapar Sinar Matahari Terik

Kacamata hitam adalah salah satu aksesoris yang wajib dibawa ketika traveling. Pengunaan kacamata hitam yang tepat akan membuat nyaman ketika dipakai. Kacamata hitam atau tepatnya sunglass yang ideal adalah kacamata yang dilapisi paling tidak filter UV dan filter polarizer.

Penggunaan sunglass yang tepat, dapat mengurangi risiko terkena Pterygium. Sehingga sangat dianjurkan memakai sunglass ketika beraktifitas di bawah terik sinar matahari.
Kacamata hitam bukan cuma sekedar gaya, tetapi dapat menapis sinar UV.
Kacamata hitam bukan cuma sekedar gaya, tetapi dapat menapis sinar UV.
Meskipun terkesan sebagai aksesoris, tetapi jangan dilupakan fungsi utama kacamata tersebut. Jadi, usahakan belilah kacamata yang memang kualitasnya baik, sehingga dapat menapis sinar ultraviolet.

Membeli sunglass jangan asal hanya gaya dan enak dipakai saja, karena ternyata kacamata cengdem alias seceng tapi adem justru malah membahayakan kesehatan mata. Karena justru kacamata hitam murah ini sangat berbahaya.

Kenapa berbahaya ?. Karena ketika memakai kacamata hitam, maka intensitas cahaya yang masuk akan lebih redup ke mata sehingga akan membuat pupil terbuka lebih besar. Ketika pupil terbuka besar inilah ternyata sangat membahayakan kesehatan mata. Karena cahaya matahari yang masuk tidak ditapis oleh lapisan filter UV.

Sinar ultraviolet inilah yang dapat menyebabkan pterygium apabila sering terpapar secara langsung.

Pterygium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di arah kornea. Timbunan atau benjolan ini membuat penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarah ke daerah kornea, sehingga bisa menjadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.

Penyebab pterygium dari beberapa literatur yang barusan saya baca ternyata adalah karena paparan yang terus menerus dengan sinar matahari. Sinar matahari salah satunya mengandung sinar ultra violet, nah sinar uv inilah yang diduga menyebabkan pterygium.
Kacamata hitam yang dilapis filter UV dan Polarizer sangat nyaman dipakai.
Kacamata hitam yang dilapis filter UV dan Polarizer sangat nyaman dipakai.
Pada awalnya, saya memakai kacamata hitam juga cuma biar gaya aja sih. Hal itu karena saya suka memancing dan sesepedahan. Ketika itu tanpa sadar saya sebenarnya sudah memilih kacamata yang memiliki efek polarizer dan filter uv

Waktu itu saya belum tahu manfaat secara kesehatan, cuma memang enak dipake aja dan dapat melihat menembus beningnya kaca dan permukaan air. Efeknya mungkin sama dengan filter CPL kalo saya motret, bedanya kalo CPL harus diputer untuk sampai pada efek tertentu.

Demi menjaga kesehatan mata dan untuk mengurangi risiko terkena pterygium., tidak ada salahnya membeli kacamata yang agak mahal dikit, daripada terkena pterygium yang harus dioperasi. 


Coba deh bayangkan, dibersihkan karang gigi saja sudah syerem liat peralatannya, apalagi bedah mata ? wah ... ngeri deh saya membayangkannya.

Jadi, gunakan sunglass yang tepat agar dapat mencegah pterygium ketika beraktifitas di bawah terik matahari.
Sunglass dapat Mencegah Pterygium, Gunakan ketika Terpapar Sinar Matahari Terik Sunglass dapat Mencegah Pterygium, Gunakan ketika Terpapar Sinar Matahari Terik Reviewed by Ghost Ships on 2:21:00 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Replies
    1. sama2 Gan ..., terima kasih sudah mampir dan berkomentar.

      Salam

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan komentar dan semua komentar akan muncul setelah dimoderasi.

loading...
Powered by Blogger.